Mampu Ciptakan Lapangan Kerja, Desa Cibuah Patut Dijadikan Contoh

1575 views
image

Bupati Lebak, Iti Oktavia Jayabaya meninjau bangunan fermentasi nata de coco di Cibuah, Kecamatan Warunggunung, Kamis (19/05/2016).

LEBAK, BANTENDAY.com – Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya mengaku bangga terhadap masyarakat Desa Cibuah yang sangat produktif, remaja dan ibu rumah tangga di desa tersebut patut menjadi contoh bagi masyarkat desa lainnya, mengingat keberhasilannya dalam mengembangkan nata de coco, sehingga mampu menjadi salah satu sumber ekonomi masyarakat. 

“Ini merupakan langkah nyata yang dilakukan masyarakat, semoga akan menjadi lokomotif penggerak perekonomian desa,” ujarnya saat meninjau bangunan fermentasi nata de coco di Cibuah, Kecamatan Warunggunung, Lebak, Banten, Kamis (19/05/2016).

Bangunan fermentasi nata de coco tersebut merupakan sumbangan Bupati Lebak atas prestasi Vika Handayani, dia merupakan salah satu Peserta Program Sarjana Penggerak Pembangunan Perdesaan (PSP3) yang menjadi juara satu PSP3 Berprestasi Tingkat Nasional tahun 2015 lalu, dengan menyingkirkan ribuan peserta lain dari seluruh daerah se-Indonesia, karena upayanya merintis usaha “Zero Waste” nata de coco di Desa Cibuah Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak, Banten.

Upayanya memanfaatkan semua komponen yang terdapat pada buah kelapa adalah hal yang mudah asalkan masyarakat mempunyai kemauan, sabut dan batoknya dibuat tali dan kerajinan tangan, airnya dibuat nata de coco, dan buahnya dibuat virgin coconut oil (VCO).

“Saya bangga sekali karena Ibu Bupati sangat mendukung program ini, kami ingin menjadikan desa ini menjadi desa Nata de coco, karena bahan baku yang mudah didapat,” ujar Vika

Vika menjelaskan bahwa Nata de coco merupakan makanan yang diolah dari air kelapa. Proses pembuatan makanan ini memanfaatkan bakteri Acetobacter Xylinum yang mampu memfermentasikan air kandungan gula pada air kelapa mejadi nata de coco ini.

Diambil dari air kelapa yang mengandung mineral dan vitamin, nata de coco juga mengandung kandungan gizi yang bermanfaat. Dari penelitian yang dilakukan oleh Puslitbang Biologi LIPI, setiap 100 gram nata de coco kandungan gizi lengkap meliputi 20 gram karbohidrat, 80% air, 20 gram lemak, 146 kal kalori, 2 mg fosfor, 12 mg kalsium, dan 0,5 gram zat besi ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, nata de coco juga mengandung vitamin dan senyawa kimia alami lainnya yang berfungsi untuk pemenuhan gizi tubuh.

“Untuk pemasarannya tidak ada kendala, karena hasil produksi kami diterima tidak hanya di lebak tetapi diminati juga diluar lebak,” pungkasnya.(dede/a3)

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Cibuah Ciptakan Contoh Desa Dijadikan Lapangan Kerja Mampu Patut

Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...