Lagi, BPOM Gerebek Pabrik Obat dan Jamu Ilegal di Tangerang

3896 views

Petugas BPOM menyita obat dan jamu palsu di Tangerang (bantenday.com)

TANGERANG, BANTENDAY.com – Pabrik yang memproduksi obat dan jamu tanpa izin di Kompleks Pergudangan Surya Balaraja, Kecematan Balaraja, Kabupaten Tangerang digerebek petugas Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI.

Kepala BPOM Penny K Lukito mengatakan, pabrik yang memproduksi obat dan jamu itu  ilegal tidak memiki izin edar dan produksinya menyalahi aturan.

“Sebelum dilakukan penggrebekan, kami melakukan investigasi selama delapan bulan penuh. Barulah pada jumat ( 2 September)  siang petugas langsung menggrebek 4 pabrik dan mengamankan hasil produksinya,” kata Penny, Jum’at (2/9/2016).

Dari hasil penggerebekan, pihak petugas BPOM menemukan 4 gudang tempat produksi dan gudang penyimpanan yang tidak layak seperti sanitasi yang kotor. Selain itu, ada sekira puluhan miliyar kapsul obat dan jamu  siap edar di gudang penyimpanan.

” Untuk mengelabui petugas gudang ini, saat produksi terkunci di luar, seolah- olah dalam gudang ini tidak ada kegiatan produksi,” kata Penny.

Belum lagi dalam kemasan obat dan Jamu tertera wilayah produksi, daerah Jawa Timur dan Sukabumi Jawa Barat yang ditempel di tiap kemasan obat dan jamu.

“Itu semua palsu, mereka memanipulasinya agar tidak dicurigai konsumennya,” kata Penny.

Total ada puluhan miliyar yang berhasil diamankan petugas BPOM dengan total kerugian mencapai miliaran rupiah.

“Namun di antara itu, kerugian kesehatan yang amat dikhawatirkan, sebab yang mengonsumsi obat dan Jamu palsu ini, “katanya.

Sementara Penyidik khusus  Bahan Berbahaya BPOM, Hendrik mengatakan, produk obat dan Jamu tersebut akan diamankan untuk kemudian diajukan ke pengadilan. Pasalnya produk tersebut ilegal.

“Kita akan kembangkan apa bahannya. Pemikik terancam hukuman lima tahun penjara,” pungkasnya.(Gus/A5

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...