KTP Minta Pemkab Sikat Pengusaha Tambang “Nakal”

501 views

image

Satpol PP Lebak sering merazia namun pengusaha pasir tidak pernah jera melakukan aktivitasnya

Bantenday.com, Lebak – Komisi Transparasi dan Partisipasi (KTP) Kabupaten Lebak, Banten dimintai menginventalisir keberadaan perusahaan pertambangan galian pasir di Kabupaten Lebak yang tak mengantongi izin. Pemerintah daerah juga harus tegas menindak pengusaha “nakal” yang tidak mematuhi aturan.

“Pemerintah daerah harus menginventalisir keberadaan tambang galian pasir, terutama mengenai perizinannya. Karena saat ini terdapat beberapa perusahaan tambang yang diduga izinya sudah habis tetapi tetap beroperasi,” kata Ketua Bidang Advokasi dan Mediasi KTP, Agus Ider Alamsyah, Jumat (8/4/2016).

Selain itu, kata dia, pemerintah daerah juga harus selektif dalam mengeluarkan izin, jangan sampai hanya sebatas karena mengejar Pendapatan Asli Daerah (PAD) pemerintah begitu saja mengeluarkan izin tanpa mempertimbangkan berbagai aspek. Izin yang dikeluarkan atas keberadaan pertambangan tersebut tentunya harus benar-benar memberikan kesejahteraan kepada masyarakatnya, tidak merugikan.

“Keberadaan tambang jangan hanya sebatas menguntungkan pengusaha melainkan harus memberikan pula dampak manfaat bagi kemaslahatan masyarakat. Pemerintah juga harus tegas jika ada perusahaan tambang yang tak mematuhi aturan,” ujarnya. (Ase/A2)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Penulis: 
author

Isi dengan Komentar anda...