KSPSI Lebak Sepakati Ajuan UMK 

2656 views

Ilustrasi

LEBAK, BANTENDAY.com- Upah Minimum Kota (UMK) Lebak sebesar Rp 2.127.700 untuk tahun 2017 yang akan diajukan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) Kabupaten Lebak  dalam waktu kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten, akhirnya disepakati oleh Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI).

“ Ya, kita sudah sepakat dengan kenaikan Rp2,1 juta lebih yang akan diajukan oleh Disnkersos ke Pemerintah Provinsi Banten,” kata Ketua KSPSI Lebak, Yogie Rochmat di Rangkasbitung, Kamis (10/11/2016).

Menurutnya, setelah dibedah kembali kenaikan yang disodorkan oleh Disnakersos itu sudah berdasarkan Kebutuhan Hidup Layak (KHL). Artinya, usulan UMK tahun 2017 dari Disnakersos naik menjadi Rp 2,127,700 atau naik 8.25 persen dari UMK yang berjalan yaitu Rp 1.965.500 itu sudah tepat.

“Jika sudah dirumuskan sesuai KHL dan melihat angka inflasi nasional yaitu 3,08 persen dan angka PDB 5,17 persen. Ya kita sudah lihat bagaimana perumusannya jika dikalikan UMK yang berjalan tahun 2016 ini 1,9 dan setelah dikonversi muncul angka Rp2,1 juta lebih,” terangnya.

Kepala Disnakesos Lebak Maman Suparman mengatakan, kenaikan UMK tersebut tidak terlepas dari Surat Keputusan (SK) Bupati Lebak, tim perumus untuk menentukan UMK. Tentunya, pihaknya melihat angka inflasi nasional yaitu 3,08 persen dan angka PDB 5,17 persen. Sehingga jika dikalikan dengan UMK yang berjalan tahun 2016 ini Rp1,9 dan setelah dikonversi muncul angka Rp2,1.

“Keputusan inikan sudah disepakati tim perumus dan draftnya sudah beres tinggal dikirim ke Pemprov Banten,” kata Maman.

Menurutnya, pada rapat yang belum lama ini dilakukan bahkan dihadiri oleh perwakilan dari Serikat Perusahan Indonesia (SPI) Lebak, bahkan pada saat itu hadir dari serikat perkebunan yang diwakili disamping dari akademisi dari perguruan tinggi Latansa Mashiro dan dari pihak unsur lain seperti BPS, Bidang Perekonomian Setda Lebak, Bappeda, dan Bidang Kesra Setda Lebak.

“Sudah ditandatangani oleh ketua KSPSI Lebak dan segera diusulkan ke Pemprov Banten,” ujarnya.

Maman berharap, dengan pengajuan ini bisa segera direalisasikan dan membawa maslahat untuk pekerja yang ada Kabupaten Lebak.

“Kita harapkan ini disetujui oleh Pemprov Banten,” harapnya.(esa/A3)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...