Kota Rangkasbitung Sering Banjir, Kinerja Dinas Kebersihan Lebak Harus Dievaluasi

634 views
image

Ahmad Syarif minta kinerja Dinas Kebersihan Dievaluasi

bantenday.com, Lebak – Ketua Komunitas Aspiratif (Komunas) mengatakan sering terjadinya banjir di kota Rangkasbitung, disebabkan Dinas Kebersihan Lebak, lambat dalam mengatasi sampah yang menyumbat drainase. Sebab itu kinerja dinas terkait perlu dievaluasi.

Menurut Syarif, akhir-akhir ini meski intensitas hujan turun tidak tinggi namun banjir didalam kota sering terjadi begitu cepat.

Padahal sbelumnya banjir, hanya terjadi dibantaran sungai Ciujung dan Ciberang lantaran kedua sungai yang membelah kota Rangkasbitung itu meluap. Namun sekarang  justru banjir terjadi juga disejumlah titik dalam kota Rangkasbitung.

“Semangat bupati untuk mengatasi banjir dalam¬† kota begitu besar, dan saya melihat justeru pejabat teknis yang bertanggung jawab mengatasi sampah dan perawatan saluran air yakni Dinas Kebersihan itu gagal dalam menterjemahkan apa yang menjadi keinginan bupati,” ujar Achmad Syarif, kemarin.

Syarif menjelaskan, buruknya pemeliharaan saluran air (drainase) dalam kota menjadi penyebabnya. Misalnya dijalan Multatuli, didepan Rumah Makan Ramayana, yang saat ini sedang diperbaiki Dinas Bina Marga.

“Saat itu saya melihat, gorong-gorong tertutup sampah dan tanah, yang benar-benar mampet. Artinya keberadaan gorong-gorong yang tersumbat sampah tidak terkontrol,” jelasnya

Ia menegaskan, memang diperlukan peran masyarakat, dan bupati sudah memberikan contoh melalui jum’at bersih (Jumsih). Tetapi seharusnya Dinas Kebersihan selaku leading sektor harus bisa membuat desain program untuk mengatasi banjir yang bisa bekerjasama dengan dinas lain yakni Bina Marga.

“Untuk membersihkan sampah, memelihara¬† dan mengontrol saluran drainase yang tersumbat bisa dimotori Dinas Kebersihan. Untuk penataan drainase dan trotoarnya itu merupakan domain Dinas Binamarga. (emo/a1)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...