Komisi II Kunjungi Induk Koperasi Perikanan

3601 views

image

 

Bantenday.com,JAKARTA-Komisi II DPRD Provinsi Banten melakukan kunjungan kerja ke Kantor Induk Koperasi Perikanan Indonesia (IKPI) di Jakarta, Senin (19/10/2015). Mereka diterima Ketua Umum IKPI, Wibisono Wiyono beserta jajarannya.

 

Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Banten, Ratu Ella N Syatibi mengatakan, kunjungan Komisi II ini dalam rangka koordinasi mengenai peran dan fungsi keberadaan IKPI. “IKPI ini salah satu lembaga organisasi koperasi, karena itu kami ingin mengetahui peran dan fungsinya,” kata Ella mengawali pembicaraan.

 

Menanggapi hal itu, Ketua Umum IKPI, Wibisono Wiyono mengatakan, IKPI berdiri pada tahun 1947 sehingga bisa dikatakan koperasi ini merupakan koperasi tertua. Sedangkan peran dan fungsinya sebagai distribusi alat tangkap perikanan kepada para nelayan di daerah. “Kebetulan kami melakukan kerjasama dengan pihak perusahaan industri,” kata Wibisono.

 

Pola distribusi alat tangkap perikanan yang dilakukan IKPI, lanjutnya dengan cara setiap kelompok nelayan atau perorangan mengajukan permohonan bantuan penyediaan alat tangkap perikanan seperti jaring maupun yang lain. “Setelah pengajuan dari nelayan diterima, kami melakukan pembahasan hingga menentukan layak atau tidak diberikan bantuan alat tangkap perikanannya,” ujarnya.

 

Namun demikian, sambungnya dikarenakan distribusi alat tangkap perikanan tersebut merupakan kegiatan usaha IKPI, maka para nelayan yang diberikan bantuan alat tangkap perikanan harus membayar dengan sistem kredit. “Keuntungan yang kami dapatkan dari penjualan itu kami gunakan untuk mencukupi kebutuhan IKPI. Kalau sekarang di Provinsi Banten ada kelompok nelayan ingin menjadi anggota IKPI kami siap menerimanya,” terangnya.

 

Usai mendengarkan paparan dari Wibisono, Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Banten, Ratu Ella N Syatibi menyambut baik dan mengaku akan menindaklanjuti dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten. Termasuk dengan para nelayan di Provinsi Banten. “Kami ucapkan terima kasih karena Ketua Umum IKPI sudah bersedia menerima kunjungan kerja Komisi II, mudah-mudahan kedepan ada kerjasama yang baik,” ucapnya sambil menutup pembicaraan. (Adventorial)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Penulis: 
author

Isi dengan Komentar anda...