Komisi II Kunjungi DPPKP Tangerang

677 views

image

 

Bantenday.com,TANGERANG-Pimpinan dan Anggota Komisi II DPRD Provinsi Banten melakukan kunjungan kerja ke Kantor Dinas Pertanian, Peternakan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Kabupaten Tangerang di Tangerang, Kamis (11/11/2015). Mereka diterima Sekretaris DPPKP Kabupaten Tangerang, Mawardi Nasution beserta jajarannya.

 

Sekretaris Komisi II DPRD Provinsi Banten, Saukatudin mengatakan, kunjungan kerja Komisi II ini dalam rangka koordinasi mengenai sinergitas Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) Provinsi Banten dengan DPPKP Kabupaten Tangerang. “Kami juga ingin tahu koordinasi BKPP Provinsi Banten dengan DPPKP Kabupaten Tangerang, terutama dalam pelaksanaan program ketahanan pangan. Kami minta pejelasannya,” kata Saukat memulai pembicaraannya.

 

Menanggapi hal itu, Sekretaris DPPKP Kabupaten Tangerang, Mawardi Nasution mengatakan pada tahun 2008-2014, Pemerintah Kabupaten Tangerang memiliki Badan Ketahanan Pangan, Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat (BKP3M). Namun pada tahun 2015 ini, BKP3M digabungkan dengan Distanak sehingga namanya diubah menjadi DPPKP. Sekarang Ketahanan Pangan dan Penyuluhan menjadi Bidang pada DPPKP. “Meski sudah berganti nama, kami berupaya memaksimalkan program ketahanan pangan di Kabupaten Tangerang,” kata Mawardi.

 

Terkait dengan koordinasi program, Mawardi menjelaskan bahwa pada tahun 2008-2014 pihaknya mendapatkan bantuan program penguatan lembaga distribusi pangan masyarakat (LDPM) dari BKPP Provinsi Banten. Bantuan tersebut, lanjutnya diterima 9 gabungan kelompok tani (Gapotkan) di Kabupaten Tangerang, sedangkan pada tahun ini ada 2 gapotkan yang menerima bantuan masing-masing Rp 190 juta. “Bantuan itu digunakan untuk pembangunan gudang, dan distribusi pangan atau beras,” ujarnya.

 

Kemudian untuk Desa Mandiri Ketahanan Pangan di Kabupaten Tangerang mendapatkan bantuan dari APBN. “Dalam pelaksanaan program kegiatannya, kami selalu melakukan koordinasi dengan BKPP Provinsi Banten, baik program yang berkaitan langsung dengan Pemerintah Provinsi Banten maupun yang tidak,” tambahnya.

 

Kepala BKPP Provinsi Banten, Agus M Tauchid yang hadir dalam kesempatan itu membenarkan hal tersebut. “Apa yang disampaikan oleh bapak Sekretaris DPPKP Kabupaten Tangerang benar adanya, kami bersama-sama melaksanakan program kegiatannya karena koordinasi program yang kami lakukan sudah cukup baik,” kata Agus.

 

Usai menerima penjelasan dari Mawardi, dan Agus, Sekretaris Komisi II, Saukat menyambut baik. “Kami menyambut baik upaya yang sudah dilakukan BKPP Provinsi Banten dengan DPPKP Kabupaten Tangerang, mudah-mudahan sinergitas program ini bisa diikuti daerah kabupaten/kota lain di Provinsi Banten agar permasalahan ketahanan pangan bisa diatasi bersama-sama,” harapnya sambil menutup pembicaraan. (Adventorial)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Penulis: 
author

Isi dengan Komentar anda...