Kemenag Lebak Resmi Kukuhkan Pokjawas

539 views

Prosesi Pengukuhan Pokjawas Kemenag Lebak 

​LEBAK, BANTENDAY.com- Kementerian Agama (Kemenag) Lebak mengukuhkan pengurus Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas) di lingkungan Kemenag Lebak. Kamis, (27/7/2017).

Dikatakan Kasubag tata usaha Akhmad Tohawi pihaknya  mengajak kepada pengurus Pokjawas yang sudah di kukuhkan harus  peka terhadap pekerjaan yang akan dilakukan.

“ Melihat diri kita sendiri akan tergambar apa yang kita lakukan dan apa yang kita kerjakan, siapa kita, dimana kita, dan tugas kita apa dan tujuan akhir kehidupan kita, Saya seorang mahluk sosial yang hidup berkelompok, bermasyarakat, kita harus banga dan bersyukur, sungguh sangat hormat dan berkedudukan ada  di masyarakat oleh karena itu kita berada dalam wadah kemenag kita harus patuh dan taat pada aturan yang ada, tugas kita d berikan amanat sebagai seorang pengawas itu sangat bangga, oleh karena itu tujuan kita adalah ibadah,” papar Akhmad Tohawi. 

Sementara Kepala Kemenag Lebak Encep Safrudin Melalui kegiatan pembinaan pengawasan ini  diharapkan setiap perencanaan program pengawasan  dapat tersusun secara cermat dan matang dan setiap pelaksanaan kegiatannya   dapat berjalan sesuai dengan apa yang telah direncanakan, dan pada akhir kegiatan dapat diketahui sejauhmana ketercapaian tujuan pengawasan  yang telah direncanakan sebelumnya. Yang akan dituangkan melalui laporan kepengawasan secara periodik persemster.

“ Dalam perspektif kebijakan pendidikan nasional, kita juga memperoleh beberapa landasan yuridis tentang pentingnya pengawasan pendidikan. Dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 66 mengamanatkan pentingnya kegiatan pengawasan atas penyelenggaraan pendidikan pada semua jenjang dan jenis pendidikan , baik oleh pemerintah maupun masyarakat,” kata Encep.

Ditambahkan Encep,  Pengawas  hadir dalam berbagai bentuk, salah satunya adalah pengawasan pendidikan yang dilaksanakan oleh pengawas madrasah. Menurut Keputusan Menpan No. 118 tahun 1996, pengawas sekolah/madrasah adalah pejabat fungsional yang bertugas melaksanakan pembinaan dan penilaian terhadap sekolah yang dibinanya, baik pada tataran personal maupun institusional. 
“ Disusul oleh Permendiknas No. 12 tahun 2007 tentang standar pengawas sekolah yang mengatur tentang kualifikasi dan kompetensi pengawas sekolah/Madrasah. Di Lebak Jumlah pengawas 50 orang,”pungkasnya. (LNH) 

  • Penulis : Bantenday
  • Editor   : Lukmanuk Hakim
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1
Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...