Kemanakah pemimpin ISIS Abu Bakr al Baghdadi sekarang?

279 views

Pemimpin ISIS Abu Bakr al Baghdadi saat tampil di depan umum di Mosul pada 2014. (Telegraph.uk)

Tiga tahun lalu, muncul video yang memperlihatkan pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi, menyerukan kepada orang-orang Islam untuk menyatakan kesetiaan kepada ‘kekhalifahan’ yang dideklarasikan kelompok yang menamakan diri Negara Islam (ISIS).

Bantenday, Dunia – Video tersebut direkam di Masjid Rala al-Nuri di Mosuk, Irak utara.

Ketika itu, ISIS ‘berada di puncak kejayaan’ dan menguasai wilayah yang setara dengan luas negara Inggris, namun sejak beberapa waktu terakhir wilayah kekuasaan mereka menyusut dan banyak milisi ISIS yang makin terdesak.

Salah satu pertanyaan yang sering diajukan adalah, di mana sekarang Abu Bakr al-Baghdadi?

Terakhir kali Baghdadi muncul dalam bentuk rekaman audio November silam, namun sejak itu tak terdengar lagi kiprahnya.

Di tengah simpang-siur keberadaannya, muncul lagi laporan bahwa ia ‘besar kemungkinan tewas’ dalam serangan Angkatan Udara Rusia di Raqqa, Suriah, pada 28 Mei. Para pejabat Iran juga menegaskan bahwa ia ‘jelas telah tewas’. Namun klaim ini dipertanyakan oleh para pejabat Amerika Serikat.

Keraguan AS tentang tewasnya Al Baghdadi diperkuat dengan video yang dirilis di Raqqa, sepekan setelah laporan Rusia, yang memperlihatkan seorang milisi ISIS menggunakan frasa ‘syeikh kita’ tanpa menyebut nama Al-Baghdadi. Kata ‘syeikh’ biasanya dipakai untuk mengacu ke orang penting saja.

Apakah ini sebagai isyarat bahwa Baghdadi masih hidup? Belum bisa dipastikan, meski banyak yang mengatakan dalam situasi genting yang dihadapi ISIS sekarang ini, diamnya pemimpin adalah sesuatu yang sangat aneh.

Kalau memang ia masih hidup, ada kemungkinan ia tak berada di Mosul atau Raqqa, kota di Suriah yang sering disebut sebagai ‘ibu kota ISIS’. Sejumlah analis mengajukan satu wilayah di perbatasan Suriah-Irak yang bisa dipakai sebagai lokasi keberadaan Al-Baghdadi.

Di perbatasan Irak-Suriah?

Kementerian Pertahanan Rusia meyakini Al Baghdadi tewas dalam serangan udara Rusia.

ISIS menyebut daerah ini ‘Wilayat al-Furat’ atau Provinsi Eufrat, yang terdiri dari al-Qaim (masuk wilayah Irak) dan Albu Kamal (yang berada di wilayah Suriah). Dari sinilah ISIS memulai aksi mereka pada 2014.

Dari sini pula ISIS mengatur serangan-serangan cepat ke sejumlah kawasan lain di Irak dan Suriah.

Sejauh ini tidak ada wacana untuk menggempur ‘Wilayat al-Furat’. Aliansi kekuatan anti-ISIS yang didukung koalisi pimpinan AS masih memfoksukan perhatian pada menggempur dan melumpuhkan ISIS di Mosul dan Raqqa.

Hisham al-Hashimi, penasehat pemerintah Irak dan pakar gerakan radikal mengatakan besar kemungkinan berada di perbatasan Irak-Suriah tersebut, dengan indikasi antara lain bahwa Iyad al-Jamili, orang terdekat Al Baghdadi diketahui berada di Albu Kamal. Beberapa lingkaran dalam Baghdadi juga diyakini berada di Albu Kamal dan di Mayadin, kota penting ISIS di Provinsi Dei al-Zour, Suriah.

Tak seperti tokoh gerakan radikal lain, Al Baghdadi tak sering bicara. Ia cenderung muncul di saat-saat yang ia anggap sangat perlu. Seperti ketika ia mengumumkan kekhalifahan dan ketika menyerukan pendukung ISIS untuk mempertahankan Mosul.

Semakin tinggi posisi di hierarki ISIS, makin terbatas jalur komunikasi yang dilakukan. Mereka hanya berkomunikasi ke lingkaran dalam, hanya ke segelintir loyalis.

Diasumsikan hanya beberapa orang yang tahu posisi Al Baghdadi dan ini membuat sulit militer AS yang memiliki unit khusus untuk melacaknya. Di kawasan terdapat banyak tempat yang bisa dipakai sebagai persembunyian seandainya militer AS menggelar operasi penangkapan.

Kemungkinan lain adalah Baghdadi sudah tewas namun fakta ini sengaja disembunyikan seperti halnya Al Qaida dan Taliban yang menyembunyikan kematian pemimpin mereka, Mullah Omar, selama dua tahun.

Artikel ini disarikan dari tulisan Hassan Hassan, analis di lembaga kajian The Tahrir Institute for Middle East Policy di Washington DC (BBC/NC)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Dunia Internasional ISIS teroris

Penulis: 
author

Isi dengan Komentar anda...