Ajudikasi Amburadul Warga Datangi BPN Lebak

565 views

 

image

Kepala Seksi Pengaturan dan Penataan Pertanahan BPN Lebak, Agus Murdani

Bantenday.com, Lebak – Perwakilan warga penerima program pembuatan sertifikat tanah (Ajudikasi) di Desa Sangkanmanik, Kecamatan Cimarga mendatangi kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Lebak, Senin (4/4/2016). Maksud kedatangannya tersebut untuk mempertanyakan kejelasan soal penyelesaian sertifikat tanah mereka ajukan sejak delapan tahun lalu namun tak kunjung selesai.

“Saya kesini (BPN), mewakili warga (pemohon program ajudikasi) untuk mempertanyakan kenapa hingga saat ini sertifikat yang mereka ajukan belum juga selesai. Padahal, proram ini sudah berlangsung sejak 2009 lalu, artinya sudah hampir delapan tahun sertifikat warga tidak ada kejelasan,” kata perwakilan warga, Ali saat mendatangi kantor BPN, Senin (4/4/2016).

Menurut dia, selain mempertanyakan soal penyelesaian penerbitan sertifikat tanah, pihaknya juga mempertanyakan banyaknya sertifikat tanah yang sudah diterbitkan, namun banyak terdapat kesalahan dalam sertifikat tersebut. Kesalahan itu yang terdapat dalam sertifikat itu, antara lain penulisan nama, luas lahan bahkan ada sertifikat yang di terbitkan ganda.

“Dari 700 pemohon, baru sekitar 20 persen yang sudah diterima pemohon. Itu pun sertifikat yang diteribitkan banyak kesalahan. Makannya, maksud saya kesini mewakili warga meminta tangungjawab dari BPN bagaimana penyelesaian persoalan ini. Apalagi, sebagian warga sudah menyetor uang ke oknum di desa atau Satgas Ajudikasi, sementara sertifikat warga selama delapan tahun tak kunjung selesai. Saya juga sudah mengadukan persoalan ini ke pihak Komisi Transparansi dan Partisifasi (KTP) Lebak untuk memfasilitasi penyelesaian persoalan ini,” katanya.

Sementara, Kepala Seksi Pengaturan dan Penataan Pertanahan BPN setempat, Agus Murdani mengatakan, seluruh sertifikat tanah program Ajudikasi di desa tersebut sudah di serahkan kepada pemohon melalui Satgas di desa.“Semua sertifikat sudah beres, di serahkan ke pemohon. Jadi sudah tidak ada masalah. Soal adanya kesalahan penulisan nama dan lainnya di sertifikat akan kita selesaikan,” katanya. (hz/a1)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Penulis: 
author

Isi dengan Komentar anda...