Kangen Angeun Lada Usai Idul Adha di Banten

625 views

Angeun Lada/net


BANTENDAY.com- Idul Adha memang sudah berlalu, namun makanan khas Banten khususnya Lebak dan Pandeglang, angeun lada sulit terlupakan. Pada saat silaturami ke tetangga dan keluarga dan kerabat, rasanya seperti ada yang kurang tanpa angeun lada. Sebab makanan ini sudah menjadi menu utama yang sayang kalau dilewatkan

Angeun lada itu dalam bahasa sunda yang dalam bahasa indonesianya yaitu sayur, dan lada itu bisa diartikan sebagai kata lain dari pedas.

Angeun lada ini merupakan makanan khas daerah banten yang sebenarnya hampir mirip dengan soto betawi, namun campuran dan rempah-rempahnya sangatlah berbeda.

Terutama angeun lada ini memakai lengkuas dan daun walang. Daun walang sendiri dalam bahasa ilmiahnya biasa disebut Achasma Walang (blum) val merupakan sejenis tanaman herba (tumbuhan berbatang lunak) dengan tinggi rata-rata sekitar 2 meter . Disebut daun walang karena daun ini mempunyai aroma yang sangat kuat seperti serangga walang sangit.

Ini rupanya yang menjadi masakan angeun lada rasanya lebih beda dari yang lain, baiklah kita tinggalkan kata pengantar yang lumayan panjang ini. Kita langsung saja ke Tekape.

Beberapa bahan angeun lada yang harus disiapkan :

100 gram daging dan jeroan sapi atau kerbau, sesuka anda. Walaupun banyaknya di daerah banten jika hari lebaran lebih enak memakai daging kerbau
3 buah tomat yang kita potong kasar terlebih dahulu
2 batang daun walang ( daun walang yang info ayeuna ceritakan di atas)
2 batang serai yang disiapkan dengan cara ditumbuk atau dimemarkan
1 ruas lengkuas yang dimemarkan terlebih dahulu
siapkan 3 lembar daun salam
5 sendok makan minyak goreng
siapkan garam secukupnya untuk menetralkan rasa
siapkan juga gula pasir secukupnya sebagai pengganti penyedap rasa
air secukupnya

Bumbu yang dihaluskan :

10 butur kemiri digoreng terlebih dahulu

20 buah cabai merah

2 ruas kencur yang dikupas dan dibakar terlebih dahulu

1 ruas jahe yang dikupas dan dibakar

10 butir bawang merah yang dibakar

4 siung bawang putih yang dibakar

Haluskanlah bahan-bahan yang harus dihaluskan di atas. Setelah bahan-bahan telah siap sekarang kita siapkan peralatan masak yang ada di dapur kita keluarkan hehe, berikut ini adalah cara membuat angeun lada khas banten :

Cuci bersih daging dan jeroan kemudian langsung dipotong seperti dadu

Campurkan daging dan jeroan yang sudah dipotong seperti dadu dengan bumbu yang dihaluskan tadi, dan kita campurkan minyak hingga rata, kemudian masak dengan air secukupnya menggunakan api sedang.

Masukan daun walang,lengkuas,serai, daun salam, gula dan garam. Masak sampai potongan daging dan jeroan matang dan bumbu meresap

Namun sebelum diangkat masukan potongan tomat yang tadi sudah disiapkan, aduklah sebentar kemudian angkat dan segera sajikan mumpung masih hangat.

Seger sekali makan masakan khas ini yang lebih enak dimakan secara bersama keluarga disaat hari raya yang memang sudah lama tak pernah berkumpul.

Dan angeun lada ini masih banyak yang belum mengetahuinya bahkan di daerah banten sendiri masih ada yang belum tau apa itu angeun lada. Ini bisa menjadi lahan bisnis bagi anda yang bisa buka restoran makanan khusus khas banten.(net)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...