Jenis Penipuan Yang Mengatasnamakan WhatsApp

403 views

Foto Sumber Teslet.id

Lebakcyber, BANTENDAY.com – Di smartphone kamu pasti sudah terinstall aplikasi whtasapp sebagai salah satu media messaging untuk berhubungan dengan teman, pacar, kerabat ataupun saudara. Namun tahukah kamu bahwa saat ini banyak beredar aplikasi yang mengatasnamakan whatsapp untuk melakukan penipuan? Beriku ini adalah jenis penipuan yang mengatasnamakan whatsapp yang banyak beredar.

WhatsApp Gold Edition

Di internet beredar WhatsApp dengan versi MOD yang bernama WhatsApp Gold Edition. WhatsApp tersebut memang terlihat elegan karena berwarna emas dan juga memiliki beberapa emoji emoji baru dan juga background khusus yang dapat kamu ubah. Namun untuk dapat menggunakan whatsapp gold edition kamu harus membayar 40 dollar setiap bulannya. Sayang sayang banget uang segitu Cuma buat dapetin aplikasi whatsapp dengan tampilan emas, padahal WhatsApp sendiri merupakan aplikasi gratis.

Gift Card Starbucks

Ada scam yang beredar di masyarakat yang mengatasnamakan Starbucks, dimana nanti pengguna whatsapp meminta pembacanya untuk melakukan suatu surver dan nantinya kamu akan mendapatkan Gift Card Starbucks sebesar 500 dollar. Padahal surver tersebut palsu dan bertujuan untuk mendapatkan data pribadi dari pengikut survey tersebut. Bukan hanya Starbucks gift card, ada juga yang mengatas namakan McDonald, 7-Eleven, KFC dan banyak lainnya.

Investment Fraud

Ada sebuah jenis penipuan yang menyerang pengguna whatsapp yang berisi ajakan untuk melakukan sebuah investasi ke perusahaan bernama Avra Inc. Intinya jika kamu berinvestasi ke perusahaan tersebut kamu akan mendapatkan keuntungan berkali kali lipat berdasarkan sejumlah uang yang kamu gunakan untuk investasi.

WhatsApp Spy

Di internet ada banyak website yang katanya bisa melakukan penyadapan akun whatsapp atau chat whatsapp orang lain, namun kalian harus berhati hati karena sebagian besar dari jasa yang ada di internet tersebut berjenis penipuan yang biasanya merupakan sebuah malware yang siap untuk mencuri data pribadi yang ada di smartphone pengguna WhatsApp. Jadi jangan gampang percaya dengan fitur fitur yang ditawarkan website seperti itu, bisa bisa malah kamu sendiri yang menjadi korbannya.

Voice Mail Palsu

Voice mail palsu merupakan salah satu jebakan yang dibuat oleh para cracker yang ingin mendapatkan informasi berharga dari smartphone kamu. Mereka akan mengirim sebuah email yang berisi pesan bahwa ada pesan suara (voice mail) melalui whatsapp yang belum kamu dengarkan. Untuk mendengarkannnya kamu diminta untuk menekan tombol Play di email tersebut. Namun tombol Play tersebut terhubung dengan sebuah malware yang dapat mencuri data pribadi yang ada di smartphone milikmu.

Itulah beberapa jenis penipuan yang mengatasnamakan whatsapp yang sekarang ini banyak beredar di masyarakat. Jadi ingat agar selalu berhati hati dan jangan gampang percaya dengan informasi yang kamu dapatkan atau iming iming tertentu yang sebenarnya palsu.

Sumber : Lebakcyber.net

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
11

Lebakcyber Penipuan Teknologi Whatsap

Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...