Iti Berharap Keinginan Warga Baduy Soal KTP Bisa Diakomodir

3746 views
image

Bupati Lebak, Iti Oktavia Jayabaya (poto : dedy/bantenday.com)

SERANG, BANTENDAY.com – Bupati Lebak Iti Oktavia Jayabaya ikut menghadiri upacara ritual Seba Baduy di Pendopo Gubernur Banten lama di kawasan Alun – Alun Kota Serang, Minggu 15 Mai 2016.

Dalam kesempatan ini Iti,  menjelaskan tentang pembuatan KTP untuk warga suku Baduy, mengenai agama kepercayaan mereka ingin di cantumkan dikartu identitas tersebut.

”  Sesuai undang – undang bahwa KTP itu kewenangan pusat dan itu tidak di anggarkan dari APBD,” ungkap Bupati Lebak,  Iti Octavia Jayabaya, Minggu 15  Mei 2016.

Selain itu kata Iti, aspirasi warga suku Baduy yang ingin kepercayaannya di cantumkan di KTP,  terbentur aturan yang berlaku. Karena didalam undang – undang tidak mengenal  agama Sunda Wiwitan.

Dijelaskan Iti, pihaknya sebelumnya sudah menyampaikan suran dan audien ke Kementerian dalam negeri dan DPR, agar keinginan warga Baduy itu bisa di akomodir, karena Baduy ini adalah aset bangsa.

“Warga Baduy yang punya KTP ada 11 ribu orang, jadi KTP ini hal yang sangat penting, ketika dilihat KTP mereka tidak memiliki agama,  jadi mereka ingin di akui negara termasuk agama kepercayaan mereka karena mereka juga warga negara yang ikut menjaga NKRI dan melestarikan lingkungan,” tukasnya. (Dey/ a3)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Baduy Berharap Bisa Diakomodir Iti Keinginan KTP Soal Warga

Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...