Inilah Resep Sate Bandeng Khas Banten

4245 views
image

Sate bandeng Serang, Banten

Bila anda berkunjung ke wilayah banten, apalagi niatnya berburu kuliner rasanya belum lengkap tanpa merasakan kelezatan sate bandeng khas Banten. Asal muasal adanya masakan sate bandeng ini menurut cerita turun temurun, merupakan ide dari Sultan Banten pada abad ke-16 yang ingin menyajikan masakan ikan bandeng tanpa duri kepada tamunya. Olahan ini juga menghilangkan rasa asli ikan bandeng dan tergantikan oleh bumbu-bumbu gurih. Sate bandeng bisa disantap dengan nasi tanpa harus menambahkan bumbu sambal seperti sate lainnya. Hingga saat ini, menu masakan ini masih tetap digemari oleh masyarakat Banten. Hal ini terlihat pada banyaknya warga Banten yang masih menyajikan sate Bandeng pada acara perayaan hari-hari besar, upacara pernikahan, maupun acara hajatan lainnya.

Inilah resep  dan bahan-bahan yang di perlukan membuat sate bandeng

1 ekor Ikan Bandeng ukuran sedang4 sendok makan Minyak untuk menumis

7 butir Bawang Merah4 siung Bawang Putih4 buah Cabai Merah Keriting½ sendok teh Ketumbar½ sendok teh Jintancm Lengkuascm Kunyit 50 gram Kelapa sedang, kemudian anda parut dan sangrai1 sendok makan Gula Pasir 30 ml Air Asam Jawa2 butir Telur, kemudian anda kocok100 ml Santan KentalDaun Pisang untuk membungkusBambu untuk menjepit

Setelah anda menyiapkan semua bahan dan bumbu yang diperlukan, silahkan anda simak bagaimana cara membuat sate bandeng ini.

cara membuatnya, pertama anda bersihkan terlebih dahulu ikan bandengnya, kemudian anda patahkan tulang ekornya. Tarik keluar tulang punggung bandeng melalui lubang insang.Kemudian anda pukul-pukul badannya agar daging terlepas dari kulitnya, lalu anda keluarkan dagingnya dengan bantuan sendok kecil.

Anda cincang daging bandengnya, kemudian anda sangrai dengan api kecil sampai agak kecil. Sisihkan dan haluskan.Lalu anda panaskan minyak, dan anda tumis semua bumbunya hingga harum dan matang.

Masukkan ikan bandeng yang sudah disangrai, kelapa sangrai, garam, gula pasir dan air asam jawa. Anda aduk rata, angkat dan biarkan uapnya menghilang.

Masukkan telur dan santan, aduk rata.Masukkan adonan isi melalui lubang insang dengan bantuan piping bag sampai badan ikan penuh. Kemudian anda jepit ikan bandengnya dengan bilah bambu, ikat dengan bambu.

Tutip badan ikan dengan sisa adonan, kemudian anda bungkus ikannya dengan daun pisang.Panggang diatas bara api, sambil dibalik-balikkan hingga matang dan harum.Jika sudah matang silahkan angkat dan sajikan.(berbagai sumber/ a1)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Penulis: 
author

Isi dengan Komentar anda...