Ini Usulan 2018 Dalam Musrenbangdes Mekarjaya Cimarga 

529 views

Kegiatan Musrenbangdes Mekarjaya



LEBAK,BANTENDAY.com-Pj Kepala Desa Mekarjaya Kecamatan Cimarga Irawan, mengatakan Pemerintah Desa Mekarjaya telah merencanakan pembangunan fisik dan non fisik untuk tahun anggaran 2018.

“Pada 29 Januari 2018 kemarin, kami telah menggelar musrenbangdes (musyawarah rencana pembanguan desa)  tahun anggaran 2018. Ada pembangunan fisik berupa insfrastruktur jalan lingkungan dan non fisik, baik dibidang ekonomi, pendidikan dan kesehatan,” ungkap Irawan, Jumat (2/2/2018).

Untuk usulan pembangunan fisik kata Irawan, yakni pembangunan gedung perpustakaan dan RKB MTs Nurul Islam, Pembangunan Irigasi, drainase, jalan lingkungan. 

“Pembangunan RKB MTs dan perpustakaan, Hal ini juga untuk sarana pendidikan di Desa Mekarjaya, sehingga SDM dapat ditingkatkan. Sementara pembangunan irigasi dalam rangka pertahanan pangan,” ucapnya. 

Untuk rencana pembangunan non fisik, diprioritaskan kepada bidang ekonomi, pertanian dan kesehatan. Hal itu kata Irawan bakal direalisasikan dengan program pengembangan padi, pengadaan pupuk kimia dan organik, pembangunan posyandu, pelatihan pertanian dan pelatihan koperasi serta pelatihan ketenagakerjaan masyarakat miskin. 

“Untuk bidang kesehatan akan diusulkan dan semoga bisa teralisasi yakni  pengadaan mobil ambulance desa,” ucapnya. 

Namun usulan melalui musrenbangdes tersebut kata Irawan, anggaranya  bersumber dana dari APBD kabupaten dan APBD propinsi bukan dari dana desa. Sementara APBDes TA 2019 pembangunan masih terfokus pada inspratuktur jalan poros (pengerasan) jalan lingkungan (vavingblok), serta sarana air bersih (SAB).   

“Sebab anggaran dana desa Mekarjaya melalui APBDes tahun 2019 masih ada keterbatasan dana, nanti kami susul dengan permohonan ke dinas terkait melalui proposal kalau direalisasikan mengurangi PR Desa Mekarjaya,” paparnya. 

Dalam musrenbangdes Mekarjaya itu dihadiri Camat Cimarga Pidia Indra, perwakilan UPT Pertanian Dodi, UPT Pendidikan Sutizo, dan Ketua RT/RW Desa Mekarjaya, tokoh pemuda, tokoh agama dan tokoh masyarakat Desa Mekarjaya. (Apit Yanza/A1) 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Author: 
author

Comments are closed.