Ini Syarat Dukungan Pasangan Cagub Banten Jalur Independen

1600 views

image

Ilustrasi Pilgub Banten 2017

Serang, Bantenday.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Banten, Agus Supriyatna mengatakan bakal calon yang ingin maju dalam pemilihan gubernur (Pilgub) Banten 2017  melalui jalur perseorangan harus didukung minimal 601.805 suara yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Namun persyaratan dukungan berupa KTP sebanyak itu juga harus tersebar minimal di lima kabupaten/kota dari delapan kabupaten/kota yang ada di Provinsi Banten.

“Meski pasangan balon perseorangan mampu memenuhi jumlah dukungan KTP yang ditentukab, namun kalau tidak memenuhi persyaratan yang tersebar di lima kabupaten kota, maka balon yang bersangkutan langsung dinyatakan gugur,” kata Agus Supriyatna, Senin 23 Mei 2016.

Kata dia, persyaratan bagi balon independen tersebut telah tertuang dalam Peraturan KPU Nomor 3 tahun 2016 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota tahun 2017, serta Keputusan KPU Provinsi Banten Nomor 009/Kpts/KPU-Prov. 015/2016 tentang Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Pemilu/pemilihan terakhir sebagai dasar penghitngan syarat dukungan pasangan calon perseorangan dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten.

Masih kata Agus, jumlah bukti dukungan minimal tersebut merupakan hasil dari persentase jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilihan terakhir. DPT saat ini untuk Pilgub Banten sebanyak 8.024.058, sedangkan syarat minimal secara persentase adalah 7,5 persen.

Komisioner KPU Banten, Syaeful Bahri menilai persyaratan itu sulit dipenuhi bagi siapa saja akan mencalonkan diri melalui jalur independen karena tidak ada batasan jumlah dukungan untuk setiap wilayahnya.

“ Tidak masalah satu  KTP saja bukti dari kabupaten/kota, yang penting ada keterwakilan masyarakat minimal dari lima kabupaten/kota di Banten. Dan jumlahnya mencapai batas minimal dukungan, dan mewakili lima daerah,”  tukasnya. (Jay/ A1)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Banten Cagub Dukungan Independen Ini Syarat Jalur Pasangan

Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...