Ini Jawaban Kades Cibareno, Atas Tudingan Telah Menjual Sumber Air

6363 views

image

Ilustrasi PLTMH ( ant)

LEBAK, BANTENDAY.com –  Kepala Desa Cibareno, Kecamatan Cilograng Kabupaten Lebak, Rustandi akhirnya menjawab terkait tudingan warga bahwa dirinya telah menjual sumber mata air. Kedatangankata warga ke Kantor desa setempat, menurutnya karena ada warga yang tidak paham dalam pelaksanan pembebasan lahan.

” Itu tidak benar, saya tidak menjual aset desa tanah bengkok di blok  Cironyok ataupun sumber  mata air desa Cibareno,” ungkap Kades Cibareno, Rustandi kepada Bantenday.com melalui telepon genggamnya, Sabtu, 4 Juni 2016.

Kata dia, tuduhan itu karena sebagian warga tidak memahami yang dengan program pembangunan pembangkit listrik tenaga mikro hidrolic (PLTMH).

” Warga tidak mengerti semua itu terjadi akibat kesalah pahaman  beberapa warga,”  katanya.

Kata dia, meskipun ada pembebasan lahan  seluas 7000 M2, namun pihak perusahaan itu justru telah mengganti  seluas 9000 M2, dan statusnya masih menjadi aset milik Desa Cibareno.

” Yang jelas tidak pernah menjual mata air karena di desa Cibareno hanya berfungsi sebagai turbin dan pemasangan pipa saja sedangkan ‎pemanfaatan air sungai menggunakan sistem bendungan itu berada di wilayah desa tetangga yang terkena dampak proyek PLTMH,” paparnya.

Dijelaskan Rustandi, proyek pembangunan itu telah direncankan sejak tahun 2014  lalu yang dilaksanakan PT Pasundan Eco Energy.

” Saya hanya melanjutkan program dari Kades terdahulu pasalnya lahan terdampak sudah diploting dan pembebasan lahannya  sudah dilakukan waktu itu juga, ” katanya.

Terkait perizinan, Rustandi mengaku telah menerima berkas yang sah dimana semua ijin telah resmi dikeluarkan Kementerian SDA dan BUMN. Bahkan kata dia, selain sepakat melindungi hutan di sekitar PLTMH juga akan memelihara sumber mata air atau hulu sungai.

” Pihak perusahaan juga telah membantu jalanya pembangunan sarana air bersih bagi masyarakat yang sedang di laksanakan LMD Cibareno,” tukasnya. ( Kiki Gondrong/ A1)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Air Atas Tudingan Cibareno Ini Jawaban Kades Menjual Sumber Telah

Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...