Gerakan Indonesia Membaca (GIM) Kabupaten Lebak

4777 views

image

PEMERINTAH KABUPATEN LEBAK

Indonesia telah berkomitmen yang diwujudkan melalui Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003, pasal 4 ayat 5 dinyatakan bahwa “Prinsip Penyelenggaraan Pendidikan adalah dengan mengembangkan Budaya Membaca, Menulis dan Berhitung bagi segenap warga masyarakat.

Menumbuhkan budaya baca di masyarakat memerlukan adanya suatu gerakan yang melibatkan seluruh komponen masyarakat, dengan mengoptimalkan seluruh sumber daya. Sehingga, “Membaca” menjadi budaya masyarakat Indonesia.

Agar budaya membaca dapat menjangkau seluruh Indonesia, melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lebak, berupaya memperluas sasaran sekaligus meningkatkan mutu pendidikan masyarakat melalui keragaman layanan, salahsatunya program Gerakan Indonesia Membaca (GIM) dan Program Gerakan Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Marjinal (GP3M), yang merupakan salah satu prioritas di wilayah padat buta aksara.

Gerakan Indonesia Membaca (GIM) merupakan salah satu strategi yang diterapkan oleh pemerintah dalam rangka mendorong masyarakat untuk gemar membaca.

image

GIM diharapkan mampu mengembangkan masyarakat untuk menjadi aksarawan cerdas, kreatif dan produktif serta melestarikan dan meningkatkan kemampuan membaca, menulis dan berhitung bagi masyarakat program pasca keaksaraan. Selain itu, juga untuk membangkitkan dan meningkatkan minat baca masyarakat sebagai tahapan terwujudnya budaya baca, sehingga mendorong terciptanya masyarakat pembelajar sepanjang hayat.

Dengan demikian, Gerakan Indonesia Membaca (GIM) akan memunculkan prakarsa dan partisipasi masyarakat bersama-sama pemerintah secara kolaboratif membangun budaya baca masyarakat dengan cara menyediakan berbagai macam sarana dan prasarana serta media yang diperlukan untuk membangun masyarakat pembelajar.

Dalam upaya mempercepat terwujudnya Keaksaraan dan Kesetaraan bidang pendidikan, maka Program Gerakan Indonesia Membaca (GIM) dan Program Gerakan Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Marjinal (GP3M), akan dilaksanakan di Kabupaten Lebak.

Kegiatan Jambore PTK PAUDNI dan Jambore PNFI Tingkat Kabupaten Lebak, merupakan bagian dari Rencana Aksi Daerah Kabupaten Lebak dalam Program Gerakan Indonesia Membaca (GIM) dan Program Gerakan Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Marjinal (GP3M) Tahun 2016, ajang ini adalah untuk menggelar karya terbaik yang dikompetisikan, dan berasal dari seluruh Warga Belajar Kesetaraan/Keaksaraan dan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) terbaik dari masing-masing kecamatan yang ada di kabupaten lebak.

Program ini merupakan implementasi amanat Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. Serta, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Mengacu pada peraturan tersebut di atas, pada Tahun 2016 ini bidang PAUDNI akan menyelenggarakan kegiatan pemberian penghargaan kepada Warga Belajar Kesetaraan/Keaksaraan dan PTK  PAUDNI berprestasi yang diwadahi dalam bentuk kegiatan JAMBORE PTK PAUDNI yang akan dilaksanakan  melalui  berbagai  apresiasi dalam bentuk Karya Nyata yang melibatkan 15 (lima belas) jenis mata lomba, serta kegiatan JAMBORE PNFI dengan 8 (delapan) jenis mata lomba, dengan mengembangkan konsep kegiatan yang mengandung unsur edukasi, kompetisi, dan rekreasi.

TUJUAN

Memberikan penghargaan terhadap Warga Belajar Kesetaraan/Keaksaraan dan PTK PAUDNI yang dinilai memiliki prestasi yang inovatif dalam bidang program PAUDNI;

Meningkatkan mutu pembinaan Warga Belajar Kesetaraan/Keaksaraan dan PTK PAUDNI melalui pengembangan kreativitas dan inovatif melalui lomba-lomba;

Menumbuhkan motivasi kepada Warga Belajar Kesetaraan/Keaksaraan dan PTK PAUDNI agar senantiasa meningkatkan mutu dalam melaksanakan tugasnya;

Menyebarluaskan hasil karya Warga Belajar Kesetaraan/Keaksaraan dan PTK PAUDNI sebagai acuan untuk meningkatkan mutu Warga Belajar Kesetaraan/Keaksaraan dan PTK PAUDNI dan layanan Program PAUDNI;

Memberikan umpan balik dalam rangka meningkatkan mutu pembinaan dan pengembangan karier Warga Belajar Kesetaraan/Keaksaraan dan PTK PAUDNI

RUANG LINGKUP

Substansi yang disampaikan pada kegiatan ini, merupakan ajang untuk menggelar karya terbaik yang dikompetisikan dan berasal dari berbagai jenis Warga Belajar Kesetaraan/Keaksaraan dan PTK PAUDNI se-Kabupaten Lebak.

TEMA
JAMBORE PTK PAUDNI,

“MELALUI JAMBORE PTK PAUDNI
KITA WUJUDKAN PTK PAUDNI YANG BERKARAKTER DAN PROFESIONAL ”

JAMBORE PNFI,

“DENGAN JAMBORE PENDIDIKAN NONFORMAL DAN INFORMAL (PNFI) KITA TINGKATKAN KEBERAKSARAAN DAN KESETARAAN WARGA BELAJAR AGAR BERKARAKTER DAN BERDAYA GUNA”

WAKTU PELAKSANAAN KEGIATAN

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 1 (satu) hari, yaitu hari Kamis, tanggal             10 Maret 2016, yang bertempat di LPMP Provinsi Banten, Jl. Siliwangi,                   Kp. Cileuweung – Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak..

SASARAN DAN JENIS PROGRAM
KEGIATAN JAMBORE PTK PAUDNI

Tingkat Kabupaten Lebak dimeriahkan dengan berbagai Lomba Karya Nyata, yang melibatkan seluruh peserta terbaik dari masing-masing Kecamatan yang ada di Wilayah Kabupaten Lebak. Jumlah Peserta, terdiri dari : 120 orang dengan 15 (lima belas) mata lomba.

Sedangkan JAMBORE PNFI Tingkat Kabupaten Lebak, melibatkan seluruh peserta terbaik dari Warga Belajar Kesetaraan/Keaksaraan dari masing-masing Kecamatan yang ada di Wilayah Kabupaten Lebak. Jumlah peserta, terdiri dari : 60 peserta dengan rincian, 30 WB Keaksaraan dan 30 WB Kesetaraan.

JENIS DAN MATA LOMBA
KEGIATAN JAMBORE PTK PAUDNI,

KEGIATAN JAMBORE PNFI,

KRITERIA ATAU PERSYARATAN PESERTA

Persyaratan peserta lomba, sebagai berikut :

Peserta terbaik dari JAMBORE PTK PAUDNI dan JAMBORE PNFI             Tingkat Kecamatan se- Kabupaten Lebak Tahun 2015.

Belum pernah menjadi juara pertama tingkat Kabupaten Lebak pada kegiatan JAMBORE PTK PAUDNI  dan JAMBORE PNFI Tahun sebelumnya.

Dokumen/ naskah tertulis yang dilombakan dilengkapi softcopy;
Membawa perlengkapan lomba sesuai dengan jenisnya;

Hadir pada acara lomba sesuai dengan waktu yang telah ditentukan;
Menyampaikan materi/ bahan lomba sesuai dengan jadwal yang ditentukan

HASIL YANG DIHARAPKAN

Meningkatnya motivasi dan mutu Warga Belajar Kesetaraan/Keaksaraan dan PTK PAUDNI dalam melaksanakan tugasnya.

Terbentuknya pola pemberian apresiasi bagi Warga Belajar Kesetaraan/Keaksaraan dan PTK PAUDNI berprestasi.

Meningkatnya mutu pembinaan Warga Belajar Kesetaraan/Keaksaraan dan PTK PAUDNI melalui pengembangan kreativitas dan inovasi Pembelajaran.

Adanya aktualisasi keberadaan dan peran Warga Belajar Kesetaraan/Keaksaraan dan PTK PAUDNI dalam melaksanakan program untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Terjalinnya komunikasi yang konstruktif dan mendidik antara Warga Belajar Kesetaraan/Keaksaraan dan PTK PAUDNI.(adventorial)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Penulis: 
author

Isi dengan Komentar anda...