Gedung SDN 1 Sukarame Terancam Ambruk Siswa Diungsikan

2425 views
image

Ilustrasi

bantenday.com, Lebak – Kegiatan belajar puluhan siswa kelas tiga Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Sukarame, Kecamatan Sajira diungsikan ke gedung Madrasah yang tak jauh dari sekolah tersebut. Hal itu terpaksa dilakukan karena   khawatir sekolah yang saat ini kondisinya rusak parah sewaktu-waktu ambruk.

Salah seorang guru sekolah setempat, Solihin mengatakan, kondisi gedung sekolah yang kini ditempati oleh siswa rusak parah. Bagian tembok bangunan banyak yang mengalami keretakan, kondisi gedung yang rusak parah terjadi di bagian tiga ruangan kelas, bagian atap bangunan ke tiga ruang kelas tersebut kondisinya nyaris ambruk karena bagian kayu penyangganya banyak yang lapuk dan doyong.

“Kayu penyangga bagian atap sudah banyak yang lapuk dan nyaris ambruk. Gentengnya juga sudah pada rusak, kalau hujan pasti bocor. Makannya, agar kegiatan belajar siswa tak terganggu, sekolah berinisiatif mengungsikan siswa di tiga ruang kelas itu ke gedung Madrasah yang lokasinya tak jauh dari sekolah,” kata Solihin, Rabu (23/3/2016).

Kondisi gedung sekolah rusak seperti itu, menurutnya, sudah berlangsung sejak tahun 2015 lalu. Awalnya keluhan hanya sebatas genteng bocor, tetapi lama kelamaan kerusakan semakin parah dan kini kondisinya pun nyaris ambruk. Sehingga, untuk mencegah terjadi sesuatu hal yang membahayakan siswa dan demi kelancaran belajar, para siswa di tiga kelas itu di ungsikan.

“Dari pada terjadi sesuatu hal yang membahayakan, ya lebih baik siswa di ungsikan belajarnya,” ujarnya.

Pihaknya mengaku sudah menyampaikan kondisi sekolah seperti ini ke Dinas Pendidikan (Disdik). Akan tetapi, sampai saat ini belum ada realisasi, padahal pihak Disdik sudah beberapa kali datang ke sekolah untuk mengecek secara langsung kondisi kerusakan gedung sekolah.

“Udah di cek oleh orang dinas, tetapi ya seperti ini belum juga di perbaiki. Padahal, kami sangat berharap sekolah bisa secepatnya di perbaiki,” tuturnya.

Sementara, Sekretaris Disdik setempat, Hadi Nugraha memastikan, tahun ini sekolah tersebut akan segera  di perbaikan. Akan tetapi, untuk kepastian pelaksanaan pembangunannya masih menggu dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P).

“Insyallah tahun ini di perbaiki, masih menunggu dari APBD perubahan dulu,”  tuturnya. (Hz/a1)

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Penulis: 
author

Isi dengan Komentar anda...