FKP Tebar Virus Wirausaha Di Banten

1799 views

 

 

 

SERANG, BANTENDAY.com – Forum Kewirausahaan Pemuda (FKP) Provinsi Banten menggelar Festival Wirausaha Muda Banten tahun 2017 di Halaman Stadion Maulana Yusuf Kota Serang. Jum’at (24/11/2017).

Acara ini merupakan salah satu upaya untuk membangun dan menumbuh kembangkan generasi muda berwirausaha di Banten yang mampu berdaya saing di tingkat nasional maupun internasional.

Selain itu, menurut Aden ketua pelaksana Festival Wirausaha Banten tahun 2017, bahwa kegiatan ini untuk memperkenalkan produk-produk lokal unggulan yang bisa menembus pasar nasional.

“Tujuannya adalah untuk mengenalkan produk-produk wirausaha muda yang tergabung dalam Forum Wirausaha Muda (FKP)” ujar Aden dalam sambutannya.

Ditambahkannya,  rangkaian kegiatan ini yaitu bazar, pertunjukan pentas seni, musik, dan bakat, perlombaan, serta diskusi atau coffee morning. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari yaitu mulai hari Jum’at (24/11/17) hingga hari Minggu (26/11/17).

Festival wirausaha muda ini merupakan agenda kegiatan  pertama yang dilaksanakan oleh Forum Kewirausahaan Pemuda (FKP) Provinsi Banten.

Acara ini diikuti oleh   FKP dari 8 Kabupaten/ Kota se-Provinsi Banten. Ada 10 Stand dari pengurus FKP kabupaten kota yang memamerkan berbagai produk unggulan dari masing-masing Kabupaten/ Kota. Selain itu, acara ini juga diikuti oleh berbagai pameran ukm se-Provinsi Banten.

Sementara menurut Ketua FKP Provinsi Banten Abdul Kodir, bahwa terselenggaranya acara ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya pemuda di Banten agar mereka mau menjadi wirausaha. Menurutnya, semestinya pemuda tidak hanya    mengandalkan jadi pekerja, akan tetapi bagaimana caranya menjadi wirausaha muda yang sukses dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan yang baru.

“Untuk mengajarkan bahwa pilihan pemuda bukan hanya menjadi pekerja tapi bisa membuka lapangan pekerjaan.” ungkap Kodir.

Geliat pemuda dalam membuat terobosan seperti kegiatan festival wirausaha ini sangat diapresiasi oleh pemerintah Provinsi Banten. Ina Inayah selaku Kepala Seksi Ekonomi Kreatif di Dinas Pariwisata Provinsi Banten mengaku bangga dengan kegiatan anak-anak muda yang menjadi wirausaha.

“Kita sangat apresiasi dan mendukung sekali kratifitas anak muda apa lagi dikewirausahaan ini. Dari 16 sub sektor ekonomi kreatif ini semuanya ada disitu, dari segi kuliner ada, cindera mata, kria, seni pertunjukan juga ada, dan mungkin banyak lagi yang lainnya yang masuk ke dalam stakeholder kita Dinas Pariwisata.” ujarnya.

“Nanti kedepan kita bisa kerjasama,  bisa kita juga mendukung kegiatan FKP. Insya Allah kita bersinergi dari Dinas Pariwisata.” imbuhnya.

Selain itu, Dispora Provinsi Banten siap untuk membantu generasi-generasi wirausaha muda di Banten dengan akan memberikan modal kepada para pemuda yang ingin berwirausaha.

“Sekarang juga sedang berjuang Pak Kadisporanya untuk memberikan permodalan kepada wirausaha pemuda. Jadi pak kadis sudah berusaha untuk membantu, dengan sistimnya nanti kedepan apabila disetujui anggarannya itu, nanti bantuan modalnya dititipkan ke perbankan. Nanti mereka mengusulkan ke bank, nanti Bank yang memverifikasi.” Ujar Yusup Saufi Kepala Bidang Pengembangan dan Pemberdayaan Pemuda Dispora Banten. (OR)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...