Fasilitas Wisata Religi Banten Banyak Dikeluhkan Pengunjung

4237 views
image

Wisata Banten Lama/antarabanten.com

SERANG,- BANTENDAY.com – Hari terakhir libur panjang dalam rangka menyambut Isra Mi’raj dan Kenaikan Isa Almasih, ribuan wisatawan dari berbagai daerah kunjungi obyek wisata religi Banten Lama yang ada di Kota Serang, Provinsi Banten, baik yang bertujuan hanya untuk berwisata maupun berziarah.

Namun sangat disayangkan, dengan banyaknya jumlah pengunjung ke tempat tersebut. Banyak fasilitas yang masih harus dibenahi baik oleh Pemerintah Kota (Pemkot) maupun Pemerintah Provinsi.

Ade Nikmatullah, salah seorang pengurus makam Maqbaroh (Makam Sulthan Maulana Hasanuddin-red) mengatakan, banyak para pengunjung yang mengeluhkan beberapa fasilitas yang ada di Banten Lama.

“Sering terjadi pengunjung kebingungan ketika saat akan berziarah ke makam Maqbaroh, karena tempat parkir yang disediakan tidak dalam satu titik minimal ditertibkan lah. Bukan itu saja, bahkan sering terjadi para pengunjung kehilangan kendaraan karena semrawutnya pengelolaan parkir kendaraan,” keluh Ade pada bantenday.com di lokasi makam, Minggu (08/5/2016).

Menurut Ia, masih banyak fasilitas yang harus dibenahi oleh pemerintah daerah untuk keamanan dan kenyamanan para pengunjung yang datang diantaranya, pengelolaan sampah, fasilitas jalan dan Penerangan Jalan Umum (PJU).

“Pengunjung yang datang khususnya yang berziarah ke makam itu 24 jam, banyak yang mengeluhkan kurangnya penerangan jalan umum. Untuk bulan ini (rajab-red) pengunjung lebih banyak dari hari biasanya, ketika menuju lokasi makam maupun ke musium berdesakan karena jalannya sempit,”ujarnya.

Dia juga mengakui, kalau jalan yang rusak memang sering diperbaiki oleh pemerintah daerah. Namun, kebutuhan yang diperlukan pelebaran jalan karena untuk mengantisipasi membludaknya jumlah pengunjung pada hari besar Islam.  

“Perbaikan juga kan hanya tambal sulam saja dan usia pemeliharaan tersebut juga tidak terlalu lama, kebutuhan yang diperlukan itu seharusnya pelebaran jalan karena untuk mengantisipasi jumlah pengunjung yang datang pada hari besar Islam. Yang saya dengar sih katanya akan ada pelebaran jalan, namun sampai saat ini belum juga ada realisasinya,” pungkasnya.(dede/a3)

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Banten Banyak Dikeluhkan Fasilitas Pengunjung Religi Wisata

Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...