Fakrab Tuding Kinerja Satker Jalan Nasional di Lebak Memble! 

652 views

Ilustrasi

LEBAK, BANTENDAY.com – Ruas jalan Nasional antara Bayah hingga Perbatasan Jawa Barat di kecamatan Cilograng, selain jalannya rusak juga daerah ruangan milik jalan (Rumija) sangat kotor dan tidak terawat, Selasa (8/8/2017).

Padahal pada peaturan menteri pekerjaan Umum (PU) sudah jelas disebutkan bahwa Ruang manfaat jalan adalah ruang sepanjang jalan yang dibatasi oleh lebar, tinggi dan kedalaman tertentu yang ditetapkan oleh penyelenggara jalan dan digunakan untuk badan jalan, saluran tepi jalan, dan ambang pengamannya. 

Hal tersebut di ungkapkan ketua Divisi Kajian Publik Front Aksi Rakyat Banten (Fakrab) Algipari Aqsa, Ia menilai Ruang milik jalan adalah ruang manfaat jalan dan sejalur tanah tertentu di luar manfaat jalan yang diperuntukkan bagi ruang manfaat jalan, pelebaran jalan, penambahan jalur lalu lintas di masa datang serta kebutuhan ruangan untuk pengamanan jalan dan dibatasi oleh lebar, kedalaman dan tinggi tertentu, dan Ruang pengawasan jalan adalah ruang tertentu di luar ruang milik jalan yang penggunaannya diawasi oleh penyelenggara jalan agar tidak mengganggu pandangan bebas pengemudi, konstruksi jalan, dan fungsi jalan.

 “ Pemeliharaan Rumija jalan nasional tersebut seharusnya dilakukan secara rutin untuk mengurangi kecelakaan akibat jarak pandang pengendara yang terhalang oleh tingginya ilalang dan rumput liar,” kata Agip. 

Ditegaskan ketua Presidium Fakrab Hendayana Musalef, Rumija yang seharusnya bersih atau ditanami bunga atau pohon, justru sangat kotor dan ditumbuhi ilalang dan rerumputan liar dan sangat tidak terawat.

“Anehnya sampai saat ini tidak ada tindakan dari pihak terkait dalam hal ini Satker jalan nasional di Banten, (mereka Satker red) seolah tutup mata atas situasi ini. Padahal, persoalan ini sangat mengganggu pengendara dan sangat berbahaya karena mengancam keselamatan. Rumija diruas jalan nasional ini sangat tidak terawat,” pungkasnya. (LNH) 

  • Penulis   : Tim
  • Editor     : Lukmanul Hakim
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Penulis: 
author

Isi dengan Komentar anda...