Entoy Bingung, Drainase Semakin Sempit

3927 views
image

Nampak adanya penyempitan ukuran drainase oleh rumah warga yang ada diKampung Kongsen, Kelurahan MC Timur, Kecamatan Rangkasbitung,

bantenday.com, Lebak – Dinas Bina Marga (DBM) Kabupaten Lebak mengaku, salah satu yang menjadi faktor penyebab banjir didalam kota Rangkasbitung, adalah adanya penyempitan saluran air disebabkan  pemukiman warga.

Entoy Saepudin, Kepala Bidang Pemeliharaan Jalan dan Jembatan pada Dinas Bina Marga Kabupaten Lebak, mengatakan selama melakukan perbaikan drainase dalam kota pihaknya menemukan beberapa penyebab terjadinya banjir didalam kota, salah satunya penyempitan saluran air di Kampung Kongsen, Kelurahan Muara Ciujung Timur, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak.

“Selain alih fungsi lahan dan sampah yang menyumbat, penyempitan saluran air juga ternyata merupakan bagian dari penyebab banjir yang selama ini terjadi. Jadi, setelah ditelusuri saya menemukan adanya perubahan ukuran saluran air di Kampung Kongsen,” katannya. kamis (24/03/2016).

image

Entoy Saepudin, Kepala Bidang Pemeliharaan Jalan dan Jembatan pada Dinas Bina Marga Kabupaten Lebak

Menurut Entoy, dulu ukurannya normal lebarnya sekitar 2 meter, namun sekarang ukurannya berkurang menjadi 1 sampai setengah meter. Entoy mengaku dalam hal ini pihaknya merasa kesulitan untuk mencari solusi agar ukuran drainase tersebut menjadi seperti semula.

 “Dulu ukurannya normal sekitar 2 meter lebarnya, ternyata sekarang telah berubah menjadi 1 sampai setengah meter, saya jadi bingung mencari solusi untuk mengembalikan ukuran drainase tersebut, masa sih harus membongkar rumah warga,” ujarnya.

Untuk itu kata Entoy, pihaknya  meminta adanya kesadaran masyarakat agar memelihara kebersihan lingkungannya dengan tidak membuang sampah sembarangan kedalam drainase.

“Solusinya itu tadi, warga setempat harus bisa memaksimalkan kembali fungsi drainase perkotaan dengan pembersihan dari sampah dan memperbaiki elevasi saluran sehingga dapat mempercepat aliran air,”tukasnya.(dee/a1)

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Penulis: 
author

Isi dengan Komentar anda...