Eksistensi Pengusaha Lokal di Pabrik Semen Bayah, Raksa: Perlu Political Will Pemerintah Daerah!

829 views

Raksa A. Sagara/ ist
LEBAK, BANTENDAY.com-  Keberadaan pabrik semen merah putih di Bayah, Lebak ternyata hanya sedikit melibatkan pengusaha lokal. Meski memberi peluang bagi pengusaha lokal, namun PT. Cemindo Gemilang ( CG), ruangnya sangat sempit. Akibatnya pengusaha lokal khusunya dari Lebak, tidak bisa ikut berperan dengan adanya keberadan pabrik semen tersebut.

Seorang Pengusaha Muda Banten, Raksa A. Sagara, mengakui keberadaan pabrik semen Bayah telah membuka peluang usaha kepada pengusaha lokal. Namun peluang itu kata Raksa, sulit diambil pengusaha lokal karena keterbatasan finansial.

“Memang ada peluang yang diberikan pihak perusahaan, namun tetap pengusaha lokal kesulitan. Misalnya perusahan suplayer, mereka mengeluhkan soal sistem pembayaran yang sangat lama mulai tiga  bulan sampai enam bulan,” ungkap Raksa, di Rangkasbitung, Kamis (29/9/2017).

Sistem pembayaran seperti itu kata Raksa, salah satunya yang membuat pengusaha lokal, tidak bisa bersaing secara sehat. Sehingga dengan tidak terlibatnya pengusah-pengusaha lokal di pabrik semen itu, tidak berdampak bagi peningkatan ekonomi daerah. 

“Kebijakan dan sistem pembayaran seperti itu membuat pengusaha lokal bingung dan mundur teratur, bahkan tidak bisa melangkah untuk ikut serta usaha di pabrik semen tersebut. Alasannya, tidak lain karnakan keterbatasan modal,” paparnya.

Kondisi seperti ini, kata Raksa perlu ada perhatian pemerintah daerah, baik Pemkab Lebak maupun Pemprov Banten. Sehingga para pengusaha lokal, dapat terbantu dengan adanya kebijakan yang adil.

“Disini dibutuhkan political will (kemauan politik) pemerintah daerah untuk membantu para pengusaha lokal. Sebab tanpa adanya dukungan pemerintah, tentu pengusaha lokal hanya gigit jari,” ucapnya.(A1)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1
Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...