Dukung Pelaku UMKM, Pemprov Banten Raih Anugerah Paramakarya

395 views

 

JAKARTA, BANTEN Day com – Pemerintah memberikan penghargaan Anugerah Paramakarya 2017 kepada sejumlah kepala daerah yang dinilai telah memberikan dukungan dan pembinaan terhadap pelaku usaha kecil dan menengah serta 30 perusahaan yang berhasil meningkatkan produktivitasnya selama tiga tahun. Salah satu penerima penghargaan yaitu Gubernur Banten Wahidin Halim. Penganugerahan Paramakarya untuk Gubernur Banten diberikan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla kepada Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy di ruang Serba Guna, Kementerian Ketenagakerjaan RI, Jumat (08/12/2017)

 


Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri mengatakan penghargaan produktivitas Paramakarya merupakan penghargaan tingkat nasional yang diberikan oleh Presiden RI setiap dua tahun sekali pada tahun ganjil.

 

“Ini yang ke-9 sejak pertama kali di 1993 ini yang berhasil meningkatkan produktivitasnya dari 2015-2017,” jelas Hanief.

 

Menurut Hanief pemberian penghargaan produktivitas ini sebagai salah satu upaya pemerintah untuk mendorong gerakan peningkatan produktivitas secara terus menerus dan berkesinambungan khususnya dikalangan dunia usaha sebagai kunci sentral pencipta kesejahteraan nasional.

 

“Bagian integral dari Gerakan Nasional Peningkatan Produktivitas dan Daya Saing untuk bisa bersaing di pasar bebas,” ujarnya.

 

Penghargaan ini, lanjut Hanief diberikan melalui mekanisme penilaian administrasi maupun penilaian teknis menggunakan Malcolm Baldrige Criteria. Proses penilaian oleh tim auditor yang dilakukan sejak Februari sampai Mei 2017. Selain kepala daerah, penghargaan serupa juga diberikan kepada 30 UMKM baik skala besar, kecil dan menengah yang terus meningkatkan kualitas dan produktifitasnya.

 

“Perusahaan-perusahaan ini adalah yang berhasil meningkatkan produktivitas kerjanya. Semoga penghargaan ini dapat memberikan motivasi kepada dunia usaha dengan terus-menerus melakukan perbaikan diri,” harapnya.

 

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan apresiasinya terhadap perusahaan yang mengelola produknya sehingga meningkatkan nilai tambah dan bisa bersaing.

 

“Jika kita tidak membuat produk baik, bisa kalah dengan produk negara lain seperti Cina, Vietnam, Thailand,” kata Wapres.

 

 Maka itu, kata Wapres, pihaknya mendorong agar perusahaan dan pemerintah baik pusat dan daerah untuk meningkatkan produktifitas tenaga kerja melalui pelatihan dan pendidikan,

 

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengaku penghargaan yang diperoleh dapat memicu para pengusaha dan pelaku-pelaku UMKM di Provinsi Banten untuk kreatif dan berinovasi dalam meningkatkan produktifitasnya.

 

“Banten memiliki banyak UMKM yang tidak kalah bagus dengan daerah lain. Tentu potensi ini akan terus kita dorong dan tingkatkan agar kedepan mereka (UMKM) bisa meningkat dan meningkat lagi,” ucap Wagub Andika seraya mengajak kepada pelaku-pelaku UMKM lainnya di Provinsi Banten untuk saling berlomba meraih prestasi terbaik. (A3) 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...