Dua Pansus Raperda Prakarsa DPRD Dibentuk

5668 views

image

Bantenday.com,SERANG-Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Banten membentuk dua Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Prakarsa DPRD melalui Rapat Paripurna DPRD di KP3B, Curug Kota Serang, Rabu (23/12/2015). Kedua Pansus Raperda Prakarsa DPRD tersebut, yaitu Raperda tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat, serta Raperda tentang Pemberdayaan Koperasi dan UMKM.

 

Ketua DPRD Provinsi Banten, Asep Rahmatullah mengatakan, pembentukan kedua Pansus Raperda Prakarsa DPRD itu dilakukan, lantaran masing-masing Fraksi DPRD Provinsi Banten sudah memberikan pemandangan umum fraksinya. Termasuk Gubernur Banten, Rano Karno sudah memberikan tanggapan atau pendapatnya.”Untuk keanggotaan Pansus kedua Raperda Prakarsa DPRD itu diambil dari perwakilan masing-masing Fraksi DPRD Provinsi Banten,” kata Asep.

 

Menurut Asep, setelah dibahas ditingkat Pansus, nantinya kedua Raperda Prakarsa DPRD itu akan diparipurnakan kembali dengan agenda persetujuan DPRD Provinsi Banten terhadap kedua Raperda tersebut. “Kami berharap pembahasan kedua Raperda Prakarsa DPRD ditingkat Pansus tidak mengalami hambatan sehingga waktu pembahasannya sesuai dengan jadwal,” harapnya.

 

Gubernur Banten, Rano Karno sebelumnya mengatakan, pada prinsipnya Raperda tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat ini dapat disusun oleh Pemerintah Provinsi Banten dengan kerangka pengaturan materi muatannya tidak tumpang tindih dengan Perda Kabupaten/Kota, seperti Kabupaten Serang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang, Kota Cilegon, dan Kota Serang.

 

“Untuk menghindari adanya pengaturan yang sama antara Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, maka saya menyarankan agar pembahasan Raperdanya melibatkan Pemerintah Kabupaten/Kota. Sedangkan Raperda tentang Pemberdayaan Koperasi dan UMKM ini tentu akan lebih melindungi keberadaan koperasi dan UMKM di Provinsi Banten,” kata Rano mengakhiri pembicaraan. (Adventorial) 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Penulis: 
author

Isi dengan Komentar anda...