Dua Jenis Makanan Buka Puasa di Serang, Mengandung Zat Berbahaya

3561 views

image

Sidak makanan tradisional di Serang (bantenday.com)

SERANG, BANTENDAY.com – Petugas dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Serang, Badan Ketahanan Pangan Provinsi Banten, dan Dinas Perdagangan, Perindustrian, dan Koperasi (Disperindagkop) melakukan sidak penganan di pasar tradisional dan pasar modern di Kota Serang.

Hal itu dilakukan sebagai langkah pengawasan terhadap makanan yang beredar di Kota Serang agar bebas dari zat berbahaya seperti, borax, formalin, dan rodhamin B. Kali ini petugas melakukan sidak ke Pasar Lama Kota Serang dan Lotte mart.

“Jadi kita melaksanakan  sidak rutin selama ramadan, ini terdiri dari BPOM, Badan Ketahana Pangan Provinsi Banten, Disperindagkop. Hasil sample makanan kita langsung uji cepat menggunakan mobil lab dari badan POM,” kata Lim Elfiza, Kasubdit Keamanan Pangan, Badan Ketahanan Pangan Provinsi Banten, usai melakukan sidak, Selasa 07 Juni 2016

Dalam sidaknya kali ini, petugas menemukan dua jenis makanan yang diduga mengandung pewarna tekstil atau biasa disebut rodhamin B. Kedua jenis makanan itu yakni Pacar Cina Matang dan Terasi.

“Hasil uji lab sementara, kita temukan dua jenis makanan diduga positif mengandung rodhamin B atau pewarna tekstil, yakni terasi dan pacar cina matang,” ujarnya

Namun, hasil uji lab sementara tersebut akan dilakukan uji lab penuh di kantor BPOM Banten untuk memastikan lebih jauh apakah makanan kedua jenis makanan tersebut seratus persen mengandung pewarna tekstil. ( Dedi Supiyadi/A1)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Dua Jenis Makanan Buka Puasa di Serang Mengandung Zat Berbahaya

Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...