Drainase Menyempit, Puluhan Rumah Warga MC Timur Tergenang Banjir

3048 views
image

Nampak Dahlan sedang menunggu air surut didepan rumahnya yang tergenang banjir.

bantenday.com, Lebak- Banjir yang terjadi disejumlah titik diwilayah Kelurahan Muara Ciujung (MC) Timur, yang jaraknya tidak jauh dari Pendopo Kabupaten Lebak  salah satunya disebabkan adanya pendangkalan dan penyempitan drainase dikampung Cijoro, Kelurahan Muara Ciujung Timur, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, karena adanya pekerjaan Double Track yang dikerjakan oleh PT KAI.

 Lurah Muara Ciujung Timur Suhardi mengatakan, sebelumnya drainase dipinggir rel Kereta Api sampai jembatan kereta api di Kampung Cijoro itu kan lebar, namun sekarang menjadi sempit.

“Lebar drainase sebelum pembangunan itu sekitar 1 meter dengan kedalaman 1 meter, namun sekarang lebarnya menjadi 70 sentimeter dengan kedalaman 60 sentimeter, sehingga ketika hujan deras turun seperti sekarang ini air meluap dan masuk ke perumahan warga yang ada di komplek Pendidikan dan sekitarnya,” terang Suhardi kepada wartawan diruang kerjanya, Senin (21/03/2016).

Menurutnya, pembangunan drainase yang dilakukan seharusanya sesuai dengan ukuran yang sebelumnya ada, sehingga air yang mengalir tidak meluap.

            “Inikan ukurannya berkurang, mana bisa menampung air begitu banyak. Semua kan mengalirnya kesini (Komplek Pendidikan-red), jelas meluap karena disinikan datarannya rendah,”ungkapnya.

            Sementara Dahlan, salah seorang warga yang rumahnya tergenang banjir mengaku drainase yang dibangun oleh PT KAI tersebut ukuran dan kedalamannya berkurang, sehingga kediamannya selalu kebanjiran apabila terjadi hujan deras.        

            “Beginilah keadaannya pak, setiap hujan deras air meluap masuk kedalam rumah. Kalau hujannya deras dan lama air bisa sepinggang orang dewasa tingginya, ini sih belum seberapa,”ujarnya.

            Menurut Dahlan, ada puluhan rumah yang ada disekitar Komplek Pendidikan yang tergenang air karena luapan dari drainase tersebut.

            “Kalau jumlah pastinya saya kurang tahu, yang jelas lebih dari sepuluh rumah yang tergenang termasuk rumah saya,”ungkapnya.(dee/a1)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Penulis: 
author

Isi dengan Komentar anda...