DPRD Banten Pelajari 11 Program Unggulan Pemprov Sulsel

470 views

image

Bantenday.com,SERANG-Pimpinan dan Anggota Komisi II DPRD Provinsi Banten melakukan kunjungan kerja ke Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) di Makassar, Kamis (9/2/2016). Mereka diterima Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulsel, Syamsul Bahri beserta jajarannya.

 

Ketua Komisi II DPRD Provinsi Banten, Imannuddin Sudirman Karis mengatakan, kunjungan kerja Komisi II ini, dalam rangka studi komparasi mengenai program unggulan dan anggaran Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulsel tahun 2016. “Melalui kunjungan ini, kami ingin mengetahui program apa saja yang  dimiliki Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulsel hingga bisa dipelajari  untuk diterapkan di Provinsi Banten,” kata Iman.

 

Menurut Iman, Pemerintah Provinsi  Sulsel sudah lima kali meraih predikat opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK). “Kiranya kami perlu meniru dan sangat tepat kalau kami mempelajari proses pelaksanaan programnya. Karena itu, kami minta penjelasannya,” ujarnya.

 

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulsel,  Syamsul Bahri mengatakan, Pemerintah Provinsi Sulsel memiliki 11 program unggulan dalam  pembamgunan, sehingga bisa mendapatkan WTP lima  tahun berturut-turut, salah satunya program pemberian hadiah bagi kelompok usaha Rp 10 juta  per tahun per kelompok usaha, dan 25 kelompok usaha per desa. “Mekanismenya  kelompok usaha sudah  membuat proposal satu tahun sebelum anggaran, misalnya untuk anggaran 2016 proposal sudah masuk di tahun  2015 dan dinilai oleh tim independen bukan pemerintah,” kata Syamsul.

 

Dilanjutkan Syamsul, pemberian bantuan dalam bentuk hadiah bukan hibah, kemudian di Provinsi Sulsel juga ada tempat dimana nelayan bisa menjual hasil tangkapannya, lalu diolah dan dijual oleh koperasi. “Ada beberapa dinas yang terlibat, antara lain Dinas Industri dan Perdagangan, Dinas Kelautan dan Perikanan hingga hasil laut bisa diolah menjadi sumber pangan yang  tahan lama, seperti abon ikan, sarden kaleng, dan yang lain,” ujarnya.

 

Usai mendengakarkan penjelasan dari Syamsul, Iman menyambut baik. “Kebetulan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Banten Ibu Nurhana ikut bersama dalam kunjungan Komisi II ini, kami berharap hasil kunjungannya ditindaklanjuti agar pelaksanaan program dan kegiatannya bisa lebih maksimal,” harapnya. (Adventorial)

 

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Penulis: 
author

Isi dengan Komentar anda...