Dituding Kinerjanya Amburadul, Dewan Didesak Hak Angket Bupati Pandeglang

524 views

PANDEGLANG,BANTENDAY.com- Kebijakan yang dilakukan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang, Irna Narulita danTanto Warsono Arban, dinilai amburadul. Sebab itu sejumlah elemen warga mendesak pihak legislatif menggunakan Hak Angket terhadap kepemimpinan Irna-Tanto tersebut.



Aliansi Masyarakat dan Pemuda Pandeglang (AMPP), mendorong pihak legislatif Pandeglang, untuk menggunakan hak angketnya dengan menandatangani 12 tuntutan yang telah dibuat oleh lembaga tersebut.

Saat ini 50 anggota dari 9 Fraksi yang ada di DPRD Pandeglang, sebanyak 21 anggota yang ada di seluruh fraksi telah menandatangani 12 tuntutan yang disodorkan AMPP. Rincianya, Fraksi PKB 4 orang, Bintang Hanura 4 orang, PPP 3 orang, Gerindra 3 orang, PDIP 2 orang, Golkar 1 orang, Nasdem 2 orang, PKS 1 orang dan Fraksi Demokrat 1 orang.
Koordinator AMPP, Lukman Hakim mengatakan, penambahan jumlah dukungan yang menandatangani usulan Hak Angket tersebut, merupakan murni dari hati nurani para anggota dewan dan bukan lagi atas inisiatip AMPP.

“Saya salut kepada para anggota DPRD yang menandatangani dan menggunakan hak angketnya. Bahkan, para anggota dewan datang kepada kami dan menanyakan, mana naskah usulan Hak Angket yang harus di tandatangani,” kata Lukman Hakim usai menyerahkan naskah tuntutan, baru-baru ini.

Sikap para anggota DPRD yang sepakat dan setuju dengan 12 tuntutan yang diusulkan tersebut, dianggapnya sebagai anggota dewan yang representasinya mendukung kepada masyarakat.

“Dalam hal ini, pilihan mendukung atau tidak mendukung nantinya akan menjadi barometer bagi sebuah lembaga kontrol dimata para konsituennya,” ujarnya.

Kordinator AMPP Pandeglang, Oji Fachrurozi menegaskan, niat dan tujuan dari 12 tuntutan AMPP agar para anggota DPRD menggunakan salah satu hak-nya untuk mengembalikan marwah lembaga Legeselatif yang selama ini dianggap sebelah mata oleh pihak Eksekutif.

“Terlepas isu apa yang berkembang di lapangan, saya tidak mau ambil pusing. Tujuan saya satu, yakni ingin Pandeglang jauh lebih baik dan terlepas dari segala intervensi, serta ingin membenahi kebijakan-kebijakan pembangunan yang kami anggap amburadul, dan biarkan nanti masyarakat yang menilai. Seperti halnya 12 poin tuntutan yang kami masukan dalam naskah usulan Hak Angket ini,” tegasnya.

Salah satu anggota DPRD Pandeglang, dari Fraksi Bintang Hanura, Iwan Coanda mengatakan, pada dasarnya dari 12 tuntutan yang disodorkan oleh AMPP dirinya menyetujui. Namun, untuk masalah materi dan poin-poin tuntutannya akan dibahas dalam pertemuan lintas fraksi.

“Untuk poin-poin yang disodorkan oleh teman-teman akan dibahas dalam pertemuan lintas fraksi, jadi kita belum ada pembahasan lagi. Kalau berdasarkan aspirasi yang diserap saat reses, memang masih banyak infrastruktur yang perlu dibenahi contohnya wilayah Dapil saya yaitu Dapil 4 di Patia belum tersentuh, tapi mudah-mudahan ada perubahan pada tahun ini,” ujarnya. (A3)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...