Distan Banten Dorong Petani Gunakan Pupuk Organik

1762 views

 
BANTENDAY.com- Dinas pertanian (Distan) Banten mendorong agar petani menggunakan pupuk organik. Selain itu, pemanfaatan pupuk bersubsidi diharapkan dapat dioptimalkan dengan memperhatikan azas prioritas dan efisien dengan spesifik loksi dan standar teknis.
 
“Memang tak bisa dipungkiri bila kemampuan penyerapan pupuk terlepas dari kondisi agroklimat dan musim. Maka, untuk memenuhi kebutuhan pupuk di wilayah yang mengalami kekurangan pasokan, dapat dilakukan dengan merelokasi pupuk dari wilayah lain yang penyerapannya tidak terlalu besar,” kata Kepala Distan Banten, Agus M Tauchid. ( 13/02/2017)
 
Menurutnya, dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan nasional, pemerintah berupaya untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil pertanian melalui  penerapan budidaya secara tepat dengan sarana produksi sesuai teknologi yang direkomendasikan masing-masing wilayah. Salah satu faktor sarana produksi yang sangat penting dalam peningkatan  produktivitas dan produksi komoditas pertanian adalah ketersediaan pupuk.
 
“Pemerintah berkepentingan melakukan berbagai regulasi kebijakan di bidang pupuk dengan maksud agar terwujud iklim yang kondusif bagi penyediaan pupuk di Banten. Ketersediaan pupuk yang cukup akan memudahkan petani dalam mendapatkan pupuk sesuai kebutuhan,” katanya.
 
Efektivitas penggunaan pupuk, kata dia, seyogianya diarahkan  pada penerapan pupuk berimbang, sesuai rekomendasi spesifik lokasi atau standar teknis penggunaan pupuk yang dianjurkan. Dalam penerapan pemupukan berimbang, petani harus mempunyai modal yang cukup, sementara kemampuan modal mereka sangat terbatas.
 
 “Itu sebabnya penetapan alokasi pupuk bersubsidi untuk masing-masing provinsi mengacu  pada kebutuhan teknis yang diusulkan daerah dengan mempertimbangkan serapan pupuk bersubsidi tahun sebelumnya,” ujarnya.(Adv)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...