Disperindag Targetkan Lebak Jadi Wilayah Tertib Ukur

1810 views
image


Caption Poto : Kepala Disperindag Kabupaten Lebak, Virgoyanti saat mengawasi uji tera timbangan pegas yang dilakukan petugas tera di Pasar Sampay, Warunggunung

Bantenday.com, Lebak – Guna melindungi konsumen dari kecurangan timbangan, Dinas perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Lebak lakukan uji tera alat timbangan bagi para pelaku usaha dilingkungan Pasar Sampay, Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak.

Kepala Disperindag Kabupaten Lebak, Virgoyanti mengatakan sebagai bentuk perlindungan terhadap konsumen dari aktifitas para pedagang diharapkan menggunakan timbangan yang sah sesuai dengan peraturan pemerintah.

“Kita sudah mengetahui bentuk kecurangan yang dilakukan, untuk itu kita lakukan uji tera untuk menghindarinya. Tentunya, kecurangan yang dilakukan tersebut bisa merugikan konsumen. Kita tidak menghendaki adanya kecurangan timbangan yang dilakukan oleh para pelaku usaha dipasar yang ada di Kabupaten Lebak, jadi bukan hanya dipasar Sampay saja,” kata Virgoyanti kepada bantenday.com usai melakukan uji tera dipasar Sampay, Warunggunung, Selasa (03/5/2016).

Menurut Ia, pasar Sampay ini merupakan salah satu pasar yang masuk dalam nominasi pasar tertib ukur untuk tingkat nasional diwilayah dua.

“Kegiatan ini mudah-mudahan bisa turut mendukung suksesnya pasar Sampay sebagai nominator pasar tertib ukur. Dari 13 pasar yang ada di Kabupaten Lebak yang dikelola oleh Disperindag tahun ini yang masuk nominasi hanya pasar Sampay saja, yang lainnya juga akan kita usulkan,” ungkapnya.

Nantinya kata Ia, bukan hanya pasarnya saja yang menjadi kriteria tertib ukur. Namun, pihaknya berharap Kabupaten Lebak menjadi wilayah yang masuk kriteria tertib ukur.

Sementara Lia, salah seorang pedagang sayuran pasar Sampay mengatakan, dirinya merasa terbantu dengan adanya uji tera yang dilakukan oleh dinas terkait, karena selama ini timbangan  yang digunakannya sudah mulai rusak.

“Setelah dilakukan uji tera, timbangan yang sebelumnya tidak bisa menimbang berat setengah kilogram sekarang sudah bisa ditimbang. Karena, uji tera timbangan ini juga memperbaiki timbangan yang saya miliki dan tidak ada maksud untuk melakukan kecurangan timbangan,” ungkapnya. (dhe/a3)        

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...