Dinkes Lebak Semua Desa Di Lebak Miliki Pustu

4710 views
image

Kepala Bidang Pengembangan Kesehatan Dinkes Lebak, Agus Darsono

bantenday.com, Lebak – Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebak menargetkan, tahun ini seluruh wilayah di Kabupaten Lebak memiliki Pusat Kesehatan Terpadu (Pustu) dan juga status Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) menjadi Puskesmas Dengan Tempat Perawatan (DTP). Hal itu dilakukan untuk mempermudah dan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Kepala Bidang Pengembangan Kesehatan Dinkes setempat, Agus Darsono mengatakan, tahun ini pihaknya sedang memfokuskan untuk membangun Pustu dan meningkatkan status Puskesmas menjadi DTP. Hal ini juga berdasakan banyaknya usulan atau pengajuan yang masuk ke pihaknya pada penyusunn rencana kerja Dinkes tahun 2017.

“ Semoga tahun 2017, target Pustu dan Puskesmas DTP bisa terealisasi,” katanya.

Dijelaskannya, dari total 42  Puskesmas yang ada, sampai tahun 2016 ini sudah 21 Puskesmas yang sudah menjadi DTP, pihaknya optimistis tahun 2017 Puskesmas DTP bisa tercapai 60 persen.  Peningkatan status TDP ini tidak terlepas dari dukungan pemerintah dalam mengalokasi anggaran untuk pembangunan Puskesmas di Lebak.
 
“Saat ini, sekitar 50 persen Puskesmas di Lebak yang sudah berhasil dibangun. Saat ini kami juga sedang menentukan lokasi mana saja yang akan mendapatkan bantuan,” katanya.

Kata dia, tercapainya target tersebut menjadi salah satu tolak ukur suksesnya program Lebak Sehat tahun 2019. Sebab, dalam program Lebak Sehat tersebut, keberadaan Puskesmas menjadi salah satu hal mutlak dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, khususnya bagi masyarakat pelosok.

“Keberadaan Puskesmas sangat bersentuhan dengan masyarakat, sehingga pemerintah terus berupaya mengoptimalkan kapasitas Puskesmas, baik secara kualitas maupun kuantitas,” katanya. (HZ/a1)

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Penulis: 
author

Isi dengan Komentar anda...