Dindikbud Banten Gelar Lomba Seni Budaya

2130 views

SERANG, BANTENDAY.com – Dalam rangka melestarikan seni dan budaya di Banten, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten menggelar Lomba Seni Budaya Banten tahun 2017 di Halaman Museum Negeri Provinsi Banten Kota Serang. Rabu (22/11/2017).

Acara tersebut diikuti 32 tim seni dari delapan Kabupaten dan Kota yang ada di Banten. Masing-masing Kabupaten Kota mengirimkan 4 Tim peserta. Pelaksanaan perlombaan ini dibagi 2 hari, dihari pertama yaitu hari ini, Rabu (22/11/17) ada 16 peserta, dan dihari kedua yaitu Kamis besok (23/11/2017 Red) ada 16 peserta.

Pantauan wartawan Bantenday pada acara perlombaan seni budaya tersebut tiap tim secara bergiliran menampilkan tarian yang diiringi musik. Peserta yang hadir dan tamu undangan dibuat kagum dan terkadang gembira dengan gerakan-gerakan tarian peserta yang begitu mempesona dan energik.

Pada perlombaan tersebut, ada beberapa kategori yang menjadi penilaian juri, yaitu meliputi orisinalitas (keaslian) karya, komposisi, tata seni pentas dan performance (pertunjukan). Menurut dewan juri, kategori ini merupakan ketentuan yang sudah disepakati oleh panitia lomba.

“Meliputi orisinalitas karya, komposisi, tata seni pentas dan performance.” ujar Endang Suhendar salah satu juri dari Dewan Kesenian Banten.

Sementara menurut Ujang Rafiudin Kepala Bidang Budaya pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten, bahwa lomba seni budaya ini kedepan akan menjadi agenda tahunan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten. Selain itu lanjut Ujang, kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam penanaman nilai-nilai karakter dan toleransi.

“Lomba seni budaya ini adalah kita upayakan menjadi agenda tahunan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten. Maksud dilaksanakannya kegiatan ini adalah dalam rangka melestarikan seni budaya Banten yang kaya akan tinggalan-tinggalan yang sifatnya tak benda.” ujarnya.

Masih menurut Ujang, bahwa kegiatan lomba seni budaya Banten tahun 2017 ini untuk menguatkan dan meningkatkan karakter di kalangan remaja.

“Ini juga dalam rangka penanaman nilai-nilai karakter. Kita sedang berusaha atau sedang meningkatkan penguatan pendidikan karakter dikalangan remaja, termasuk tentu saja di satuan pendidikan. Salah satunya adalah melalui seni budaya. Karena kita tahu bahwa budaya itu adalah bagian dari olah fikir, olah rasa, olah karsa dan olah hati, selain olah raga tentunya kan.” paparnya. (OR)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...