Di Lebak, Panitia Pilkades Sukaharja Dituding Langgar Perda dan Perbup

3973 views

Penetapan para calon kades di desa Sukaharja ( bantenday.com)

LEBAK, BANTENDAY.com –Rapat penetapan calon Kepala Desa (Kades) Desa Sukaharja, Kecamatan Cikulur kabupaten Lebak sempat memanas, pasalnya ada salah satu calon Kades yang keberatan atas penetapan calon yang dilakukan panitia pemilihan yang dilaksanakan, Selasa (23/8/2016). Pengaduan keberatan itu atas berkas salah satu calon serta tidak dilakukanya verifikasi berkas secara faktual oleh pihak panitia Pilkades.

Berdasarkan pantauan dikantor desa Sukaharja, rapat penetapan calon Kades Sukaharja yang dimulai sekitar pukul 14.30 WIB, selain dihadiri empat calon kades yakni Ujang Hasan Bari, Mamat, Dhaehari dan Julpahmi juga dihadiri seluruh Muspika Cikulur yang dijaga ketat petugas dalmas Polres Lebak. 

Sempat memanas dan terjadi perdebatan yang cukup alot antara Ujang Hasan Bari salah satu calon Kades dengan panitia pemilihan dan Camat Cikulur Habib Abdillah sebagai dewan pembina panitia pemilihan Pilkades setempat. 

Ujang menuding, ada kesengajaan terhadap delik aduannya terhadap salah satu calon yang dianggap berkas administrasinya cacat karena KTP milik Mamat kurang dari satu tahun. Karena menurut Perbup No 7 tahun 2015 tentang tata cara pemilihan kepala desa,  minimal satu tahun bertempat tinggal didesa tersebut dan Perda nomor 1 tahun 2015 tentang desa disebutkan dalam pasal 53 ayat 3 yang menyebutkan bahwa calon Kades tinggal di desa tersebut sekurang-kurangnya satu tahun dengan dibuktikan dengan KTP dan KK, serta disertai suart keterangan tempat tinggal dari RT dan RW.

“Kami juga bisa membuktikan bahwa calon kades Mamat memiliki nomor NIK KTP pandeglang, kalau memang hrus dibukyikan mari kita bersama-sama buktikan bahwa Mamat tidak lebih dari sembilan bulan bertempat tinggal di Desa Sukaharja,” kata Ujang.

Namun kata dia, tahapan verifikasi berkas masing-masing calon oleh panitia Pilkades tidak dilakukan seperti halnya desa lainnya.

“Kami menduga ada dalam penetapan calon Kades ini sudah tidak mengacu pada peraturan yang ada, dan seharusnya calon tersebut didiskualifikasi” ujar Ujang.

Menanggapi hal tersebut, Camat Cikulur yang juga sebagai ketua tim pembina Pilkades, Habib Abdillah membantah bahwa, panitia Pilkades Sukaharja tidak menggelar verifikasi data persyaratan para calon kades.

” Panitia melakukan verifikasi hanya tekhnisnya berbeda dengan desa lainya, panitia Pilkades Sukaharja datang ke Kantor kecamatan dengan membawa data calon dan melakukan verifikasinya di kecamatan, ” katanya. ( Ase/A1)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...