Dedi Bantah Musnahkan Buku Berbau Komunis

518 views
image

Plt Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Dedi Junaedi (bantenday.com)

SERANG, BANTENDAY.Com – Isu pemusnahan buku yang berkaitan dengan faham komunis, Plt Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Dedi Junaedi menegaskan tidak pernah membakar atau memusnahkan koleksi buku kiri atau yang berbau komunis.

Menurut Dedi, buku-buku tersebut kini disimpan di Perpusnas. Kurang lebih sebanyak 570 buku yang dikoleksi dan semuanya terawat dan tersimpan dengan baik.

“Kami menyampaikan tidak mungkin dimusnahkan. Bahwa isu Perpusnas memusnahkan tidak benar. Kami ada 570 judul aliran kiri,” kata Dedi seusai menghadiri acara Road Show Nasional di BPAD Provinsi Banten, Kamis 19 Mei 2016.

Dedi menjelaskan dan meminta maaf atas pernyataan dirinya yang akan membakar buku bertemakan komunis yang telah dilarang oleh Mabes Polri untuk disebarluaskan dan pihaknya saat ini telah merawat buku-buku tersebut.

“Ini koleksi khusus karya anak bangsa dan akan tersimpan sebagai arsip di perpustakaan nasional dan juga di provinsi penerbit buku, sebagai sejarah perjalanan bangsa ini,” ungkapnya

Ditambahkan Dedi, Perpusnas tidak pernah memberikan dukungan pemusnahan buku-buku aliran kiri. Perpusnas hanya bersandarkan kepada Undang-undang Nomor 4 tahun 1990, tentang simpan serang karya cetak, rekam harus tersimpan di perpustakaan nasional.

“Dukungan atau setuju, tidak ada itu. Kita hanya sesuai UU. Penyebutan koleksi khusus itu aturan dari DPR,” pungkasnya.(Dedi Supriyadi/A3)

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Bantah Berbau Buku Dedi Komunis Musnahkan

Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...