Daptar Tunggu Jamaah Haji Lebak Hingga 2037

748 views

Ilustrasi/net


LEBAK,BANTENDAY.com— Calon Jama’ah Haji asal Lebak harus ekstra sabar menunggu giliran dengan banyaknya minat warga untuk menunaikan rukun kelima tersebut. Kantor Kementerian Agama Lebak mencatat daptar tunggu haji d Lebak, mencapapai 8.800 orang. Sehingga pemberangkatkan Jama’ah Haji ke Tanah Suci Makkah, Arab Saudi itu di sampai tahun 2037.

“Kendati calon haji terus bertambah, namun penerimaan masih dilayani,” ungkap Kepala Kantor Kementerian Agama Lebak Encep 

Safrudin Muhyi di Rangkasbitung, Selasa (3/15)
Diakui Encep selama ini, minat masyarakat Lebak yang mendaftar calon haji cenderung meningkat karena membaiknya pendapatan ekonomi warga.
Mereka yang mendaftar haji itu berbagai kalangan mulai pegawai negeri sipil (PNS), pegawai swasta, BUMN, pedagang, petani, pengacara dan masyarakat. Kebanyakan para calon haji itu berprofesi guru karena mereka mendapat dana tunjangan sertifikasi juga pejabat pemerintah daerah.


Saat ini, masyarakat yang mendaftar calon haji antara 15-20 orang per hari. Namun, meningkatnya calon haji tersebut dipastikan keberangkatan ibadah ke Tanah Suci sampai 2037 lantaran keterbatasan kuota untuk Lebak. “Kami berharap kuota haji ditambah pemerintah Arab Saudi,” kata Encep.


Masih kata Encep, kuota jamaah haji dari pemerintah pusat untuk Lebak rata-rata 400-450 orang per tahun. Jika dikalkulasikan dari jumlah 8.800 orang itu, maka keberangkatan jamaah haji asal Kabupaten Lebak sampai 21 tahun. Panjangnya daftar tunggu itu karena tingginya kesadaran beragama di Kabupaten Lebak juga perekonomian masyarakat relatif baik.
Sebab itu Ia meminta calon haji yang masih daftar tunggu bersabar dan menjaga stamina kesehatan. “Kami minta para calon haji tetap bersabar,” ujarnya.


Menurut Encep, pelaksanaan ibadah haji ke Makkah, Arab Saudi, hanya wajib sekali seumur hidup. Walaupun tidak ada larangan beribadah haji lebih satu kali, tetapi sebaiknya memberikan kesempatan kepada orang lain yang belum melaksanakan ibadah haji.


“Kami mengimbau warga yang sudah melaksanakan ibadah haji dapat memberikan kesempatan kepada calon haji yang lainnya dengan tidak mendaftar haji kembali,” katanya.
Seorang calon haji warga Rangkasbitung Nia (50) berharap pemberangkatan haji bisa ditunaikan tahun 2017 ini.


“Saya harap tahun ini bisa naik haji, sebab sudah tiga tahun menunggu belum juga terlaksana,” harapnya.(bam)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...