Cara Petani Lebak Antisifasi Anjloknya Harga Cabe

474 views
image

Kabid Produksi Dan Ketahanan Pangan Distan Lebak, Asep

bantenday.com, Lebak – Untuk menuju suasembada pangan tahun ini, ini, pemerintah melakukan sejumlah program, diantaranya bidang holtikultura.

Salah satu kegiatannya antara lain penanaman cabai diatas lahan 29 hektar yang dibagi dalam 28 kelompok tani. Namun setelah panen  petani sering menemukan kendala yakni harga cabai sering terjun bebas di pasaran.

Untuk mengantisifasi kerugian yang akan diderita petani tersebut, petani rupanya punya punya cara sendiri.

image

Ilustrasi

Seperti yang dilakukan  Poktan Ano di kecamatan Maja Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, meski hanya mendapatkan batuan bibit cabai, ternyata Poktan ini juga menanam mentimun.

” Hal itu dilakukan petani untuk mengurangi biaya tanam cabai yang nantinya hasil dari penjualan timun di gunakan untuk biaya tanam cabai, dan tanam cabai hingga panen disiasati dengan dua kali tanam. Dengan harapan antisifasi anjloknya harga jual cabai dipasaran,  baik jenis cabai merah maupun cabai rawit.” ungkap Kabid Produksi Dan Ketahanan Pangan Dinas Pertanian Lebak, Asep.

Kata dia, pihaknya telah memberikan bauan bibit cabai bagi para petani, saat ini sudah pada tahap penyemaian bibit.

” Ini juga bertujuan untuk meningkatkan suwasembada pangan serta meningkatkan penghasilan ekonomi bagi para petani. kita telah bersosialisasi dalam setiap programny tersebut. Baik  Program yang dananya bersumber APBD Kabupaten, Provinsi ataupun  pusat.” ujarnya.

Kata dia, sosialisasi program dilakukan demi terciptannya program yang baik serta dapat dipahami dalam menerima bantuan dari pemerintah.

” Terutama dalam mensiasati biaya tanam yang tinggi serta dapat melihat pangsa pasar, Poktan  ANO di kecamatan Maja kami nilai telah mandiri serta mampu melihat pergerakan harga pasar, pasalnya kelompok tersebut bisa mensiasati masa tanam dan masa panen Cabai dengan mengolah lahan tani tanam timun. ” tukasnya.(Kiki/A1)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Penulis: 
author

Isi dengan Komentar anda...