BPOM Sita Ratusan Kosmetik Ilegal

27179 views

image

Petugas BPOM Banten saat menyita kosmetik ilegal

Bantenday.com, Serang – Petugas Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Banten menyita ratusan kemasan kosmetik yang tidak dilengkapi  dengan izin (ilegal) edar di sebuah kios kometik di Pasar Ciruas, Kabuaten Serang pada Selasa, 26 April 2016. Setidaknya, petugas  menemukan delapan belas merk kosmetik yang belum terdaftar di BPOM.

Umumnya, kosmetik yang ditemukan tersebut dalam bentuk cream pemutih wajah, sabun kecantikan, pembersih muka, dan hand body lotion. Selain tidak dilengkapi izin edar, banyak kemasan kosmetik tersebut juga tidak mencantumkan bahan-bahan yang terkandung didalamnya.

Herman, salah sorang pedagang kosmetik yang diduga ilegal, bahwa sejumlah kosmetik yang tidak memiliki izin edar tersebut didapat dari sejumlah sales kosmetik yang datang ke kiosnya. Ia juga tetap berjualan kosmetik jenis tersebut karena banyak pelanggan yang mencari.

“Ini kosmetik saya dari sales. Saya menjual karena memang pembeli banyak yang mencari,” ujar Herman.

Sementara itu Petugas BPOM Banten, Sinta Anggraeni mengatakan, bahwa untuk mengetahui secara pasti kandungan yang berada dalam kosmetik tersebut pihaknya akan melakukan uji laboratorium terhadap kosmetik yang disita.

“BPOM juga akan bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk menelusuri produsen yang memproduksi kosmetik yang tidak memiliki izin edar,” ujar Sinta Anggraeni.(dhe/a3)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...