BPOM Banten Telusuri Vaksin Palsu

3473 views
image

Kepala BPOM Banten, Muhammad Kashuri ( bantenday.com)

SERANG, BANTENDAY.com – Gudang vaksinasi berbahaya yang beberapa waktu lalu di grebek oleh Mabes Polri di wilayah Tangerang Selatan, kini peredarannya tengah dilakukan penelitian untuk mengetahui sudah sejauh mana untuk wilayah Banten.

“Jadi kita kerjasama dengan Mabes Polri. Kita sudah lakukan penelusuran ke rumah sakit dan koordinasi dengan dinkes kabupaten dan kota setempat, apakah masih ada vaksin disana. Jika ditemukan vaksin bahaya, maka akan diberikan vaksinasi ulang oleh pemerintah, sesuai instruksi menkes,” kata Kepala BPOM Banten, Muhammad Kashuri, saat ditemui dikantornya, Senin 27 Juni 2016

Penelusuran dan penelitian penyebaran vaksin berbahaya ini selain dilakukan oleh aparat kepolisian, BPOM, kementrian kesehatan pun membantu dengan memberikan data bayi yang telah diberikan vaksinasi.

“Kita melakukan penelusuran dan penelitian. Kita di bantu menkes penelusuran data. Setelah ditemukan vaksin palsu, nant yang akan dilakukan emergency oleh dinas kesehatan,” ungkapnya

Kashuri pun bercerita bahwa di tahun 2013 pihaknya pernah melakukan penyelidikkan dan menangkap pelaku pembuatan vaksinasi ilegal. Namun setelah dilakukan penelitian, vaksin tersebut tak berbahaya, hanya proses distribusinya saja yang tak memenuhi standarisasi obat-obatan.

“kita sudah menyita dan menindak pelaku dengan nilai Rp 150 juta. Di awal tahun ini, kami menelusuri vaksin palsu di rumah sakit, akhirnya pelaku di tangkap bulan april lalu, pedagang besar farmasi fiktif. Kita belum menemukan titik temu dengan tersangka yang kita sidik dengan tersangka yang ditemukan Mabes Polri,” pungkasnya.( Dedi Supriyadi/A1)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

BPOM Banten Palsu Telusuri Vaksin

Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...