Bintek CBIB Dan CPIB DKP Lebak, Sejahterakan Petani Ikan Air Tawar

3863 views
image

Bimtek cara budidaya ikan ( bantenday.com)

LEBAK, BANTENDAY.com –  Agar para petani pembudidaya ikan air tawar yang ada di Kabupaten Lebak bisa bersaing dipasaran dalam menghasilkan kualitas ikan yang dibudidayakannya, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) setempat melalui Bidang Budidaya memberikan Bimbingan Teknis (Bintek) Cara Budidaya Ikan Yang Baik (CBIB) dan Cara Pembenihan Ikan Yang Baik (CPIB) kepada Kelompok Tani budidaya ikan air tawar beberapa waktu lalu di Aula DKP Lebak.

            Kepala Bidang Budidaya DKP Lebak, Dadang Lesmana mengatakan, selama ini para kelompok tani budidaya ikan air tawar merasa kesulitan untuk mendapatkan hasil dengan kualitas yang baik dalam budidaya pembesaran maupun pembenihan ikan air tawar.

            “ Kalau para petani budidaya maupun pembenihan ikan air tawar tidak diberikan teknis pembesaran dan teknis pembenihan ikan air tawar, mana mungkin mereka (para petani-red) mendapatkan hasil dengan kualitas baik. Dengan keadaan seperti itu tentunya petani tidak akan bisa bersaing secara global dipasaran,” terang Dadang kepada BANTENDAY.com diruang kerjanya, Jum’at (10/6/2016).

            Untuk itu kata Dadang, DKP Lebak memberikan Bintek CBIB dan CPIB kepada para Poktan pembudidaya dan pembenih ikan air tawar di 5 Kecamatan yang ada di Kabupaten Lebak.

            “Dari 5 Kecamatan yang diberikan pelatihan diantaranya, Kecamatan Cibeber, Warunggunung, Cikulur, Muncang dan Curug Bitung. Selain mendapatkan pelajaran dari kegiatan tersebut, nantinya para poktan baik pembudidaya maupun pembenihan mendapatkan sertifikat CBIB dan CPIB sebagai bukti kelayakan usahanya untuk bisa bersaing di pasar global,” ungkapnya.

            Ditambahkan Dadang, tentunya setelah mereka menguasai teknik pembudidayaan dan pembenihan ikan air tawar para petani bisa mendapatkan hasil dan kualitas yang maksimal.

            “Kalau hasilnya maksimal, jelas pendapatan petani juga meningkat dan petani bisa sejahtera. Sehingga selaras dengan program pemerintah daerah yaitu Lebak Sejahtera,” pungkasnya.(Kiki/A3)              

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Air Bintek CBIB Dan CPIB DKP Ikan lebak Sejahterakan Petani Tawar

Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...