Bayi Meninggal Disuntik Bidan, Ini Jawaban Dinkes Lebak 

3287 views

Ilustrasi/net

LEBAK, BANTENDAY.com – Kasi Kesehatan Keluarga (Kesga) Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebak, Nurlela Sari mengaku, sudah mengkonfirmasi langsung hal tersebut kepada bidan Yanti, bidan yang memberikan suntikan kepada bayi malang tersebut. 


” Pihak keluarga memang menghubungi bidan, tapi saat itu bidan di Puskesmas Muncang karena sudah lepas piket malam,” katanya Rabu 10 Agustus 2016.



Dijelaskanya, bidan Yanti kemudian menyuruh keluarga Hera untuk menjemputnya ke puskesmas tersebut. Pukul 15.30 WIB, bidan Yanti menuju ke rumah Hera dengan membawa peralatan pertolongan persalinan. dan tiba di rumah Dan sampai dirumah keluarga pada Pukul 15.55 WIB.


“Bidan Yanti datang pukul empat kurang lima. melihat bu Hera dalam kondisi setengah duduk. Dalam aturan medis, ibu yang baru saja melahirkan dilarang untuk duduk,” jelasnya.



Bidan Yanti kemudian memeriksa kondisi bayi lantaran ia melihat bayi dalam keadaan merintih dan seluruh badannya kuning karena dilumuri kunyit.


Masih kata dia, untuk karena kondisi tubuh bayi yang kedinginan, bidan Yanti melakukan penanganan pertama dengan rangsang tatik.



”  Yang diseuntik vitamin K. Dalam kondisi apapun, bayi memang harus diberikan vitamin K, itu wajib karena sudah SOP-nya. Waktu coba dihangatkan dengan dan diberikan dan diberikan ASI, daya hisap bayi lemah dan dibawalah ke puskesmas,” katanya.



Sempat menolak karena lokasi puskesmas yang jauh, pihak keluarga akhirnya setuju. Namun, sepanjang perjalanan bayi menunjukan gelagat yang tidak baik. 



“Sampai di puskesmas pukul 17.25 WIB langsung dilakukan pemasangan oksigen tapi tidak direspon. Sepuluh menit kemudian, puskesmas menyatakan bayi sudah meninggal dunia,” katanya.

Diketahui bayi laki-laki seberat 2,6 kilogram, anak dari pasangan suami istri Minggu (25) dan Hera (25), di Kampung Pasir Nangka, Desa Pasir Nangka, Kecamatan Muncang, Kabupaten Lebak meninggal dunia.

Bayi yang proses kelahirannya dilakukan oleh dukun beranak (paraji) tersebut meninggal setelah diberikan suntikan oleh bidan setempat. (Ase/A1)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...