Bawaslu Siap Kawal Pilgub Banten 2017

1442 views
image

Ilustrasi/net

SERANG, BANTENDAY.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Banten siap mengawal kegiatan Pemilihan Gubenrur Banten yang sebentar lagi akan masuk pada tahapan penerimaan pasangan calon oleh Komsi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten. Persiapan tersebut yaitu dengan melakukan beberapa agenda termasuk menjaring calon panitia pengawas pemilu di Kabupaten/Kota yang sudah masuk pada tes wawancara.

Ketua Bawaslu Banten, Pramono U Tanthowi, mengatakan meskipun tahapan kampanye belum dimulai, pihaknya akan melakukan langkah langkah untuk mengawasi kegiatan Pilgub  2017. Hal itu dilakukan karena sebagai lembaga adhoc pihaknya harus benar benar berintegritas dan serius dalam mengawal agenda demokrasi yang digelar setiap lima tahun tersebut.

“Beberapa waktu lalu kami telah melakukan penjaringan calon pengawas pemilu melalui tim seleksi, sampai saat ini dari 175 calon panwaslu kami jaring menjadi 168, dan dari jumlah tersebut akan kami saring menjadi 48 orang atau 6 orang pada setiap kabupaten atau Kota. Kemudian, tanggal 12-14 Mei mendatang kami akan lakukan tes wawancara bagi 168 calon pengawas pemilu tersebut,” kata Pranomo saat konferense pers di Sekretariat Bawaslu Banten di Jl. Kelapa Dua, Kota Serang, Selasa (10/5/2016)

Ia menuturkan, setelah terjaring 48 panwaslu pihaknya akan lansung merekrut panitia pengawas pemilu di masing masing kecamatan. Menurutnya, hal itu karena calon anggota panwaslu harus banr benar dipersiapkan agar teruji kejujurannya.

“Saya berharap Panwas yang ada di tataran kelurahan atau desa lebih berani dalam mengawal kecurangan Pilgub yang kerap terjadi,” katanya
 

Ia menegaskan, potensi kecurangan Pilgub 2017 sangat ada, meskipun tidak terllau besar seperti kecurangan pada Pilpres dan Pileg 2014 lalu. Namun, pihaknya tetap akan konsisten memberikan pemahaman kepada masyarakat dan panwas agar selalu melaporkan kegiatan pasangan calon yang berbau potensi kecurangan seperti money politik dan kampanye diluar ketentuan KPU.

“Pilgub itu agenda masyarakat Banten bukan agenda Parpol dan pasangan calon, maka seharusnya yang menggalakan sosialisasi itu bukan kandidat tetapi Bawaslu dan KPU,” tuturnya

  
Sementara itu, Ketua Divisi Sumber Daya Manusia (SDM), Solihin, mengatakan masyarakat banten harus benar benar cerdas dalam menentukan pilihan bagi calon Gubernur Banten 2017 2022 mendatang. Ia menilai, masyarakat masih kurang cerdas dalam menilai kandidat yang menjadi peserta Pilgub Banten terbukti dari beberapa kejadian tahun 2011 silam, banyak masyarakat yang tidak tahu beberapa calon gubernurnya.

“Insyaallah, Bawaslu akan bekerja dengan menjunjung tinggi profesionalitas dan integritas,” ujarnya

Ia menuturkan, pihaknya juga akan memberikan surat edaran kepada setiap warga negara yang dilarang berpartisipasi dalam perpolitikan seperti para ASN dan aparat. Ia menilai, beebrapa waktu lalu pernah kejadian oknum PNS yang ikut mensosialisasikan calon gubernur dari petahana.

Kemudian, Sekretaris Tim Seleksi Calon Pengawas Pemilu (Panwaslu), Ikhsan Ahmad, mengatakan ada jaminan atau tidak dirinya sudah melakukan pekerjaannya sesuai dengan amanat dan harapan Bawaslu. Ia juga akan ketat melakukan seleksi bagi para panwaslu agar kualitas dan kejujurannya terbukti sehingga kecurangan kecurangan Pemilu dapat dilaporkan.

 
“Memang ada beberapa calon Panwas titipan, tetapi tidak sampai 5 persen dan rangkingnya tidak sampai pada angka 70 sehingga potensinya kecil untuk lolos,” ucapnya (ikna/a1)

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

2017 Banten Bawaslu Kawal Pilgub Siap

Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...