Banten Terus Perbaiki Sistem Pengadaan Barang Jasa

2334 views
image

Gubernur Banten, Rano Karno saat membuka bimtek pengadaan barang dan jasa (bantenday.com)

SERANG, BANTENDAY.com -Pemerintah Provinsi Banten melalui Biro Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) berupaya untuk terus melakukan perbaikan sistem dan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengadaan barang dan jasa melalui Unit Layanan Pengadaan (ULP). Salah satunya yang dilakukan adalah melaksanakan Bimbingan Teknis Pengadaan Barang/Jasa untuk Pengguna Anggaran/Kuasa Pengguna Anggaran, Pejabat Pembuat Komitmen, Aparat Pengawas Intern Pemerintah dan Pokja Unit Layanan Pengadaan (ULP)  di Aula Bappeda di KP3B, Serang, Selasa (31/05/2016). Kegiatan ini dibuka langsung oleh Gubernur Banten Rano Karno.

“Peningkatan pemahaman pengadaan barang/jasa ini merupakan bagian dari rencana aksi pencegahan pemberantasan korupsi, yaitu dengan dibentuknya unit layanan pengadaan (ULP) Mandiri yang merupakan kesungguhan Provinsi Banten menuju pemerintahan yang bersih dan akuntabel,” kata Gubernur Banten Rano Karno saat memberikan arahannya.

Menurut Gubernur, saat ini Pemprov Banten juga terus berupaya untuk mewujudkan “Good Governance dan Clean Government” dalam pengadaan barang dan jasa. Kemudian peningkatan SDM dalam pelaksanaan pengadaan barang dan jasa yang bekerja sama dengan Lembaga Kebijakan Pengandaan barang dan jasa Pemerintah (LKPP).

 

“ULP ini merupakan badan yang khusus diperhatikan KPK, karena itu kita harus kerja serius dan ini juga bagian dari rencana aksi kita dan saran dari KPK membentuk ULP mandiri. Maka itu harus segera dibentuk Jangan menunggu sotk baru, agar kita serius membenahi banten,” katanya.

Gubernur juga mengajak kepada seluruh SKPD dilingkungan Pemprov Banten untuk bangkit dan menjadikan opini dari BPK atas laporan keuangan Pemprov menjadi momentum perbaikan banten kedepan lebih baik lagi.

“Saya ingin sekali kesempatan ini dijadikan momentum bagi kita semua, karena sudah saatnya banten sejajar dengan provinsi lain,  sudah saatnya kita memberikan yang terbaik bagi masyarakat banten,” kata Gubernur.

Direktur Advokasi dan Penyelesaian Sanggah LKPP Aris Supriyanto mengajak kepada Pemprov Banten terutama kepala SKPD untuk bermitra dan bekerjasama dalam perbaikan pemerintahan yanag bersih dan akuntabel.

“Kita siap membantu dan bekerja sama dengan SKPD, terutama untuk kegiatan-kegiatan yang memiliki anggaran yang cukup besar dan pekerjaan yang strategis. Kita juga ingin ULP di banten nantinya bisa menjadi percontohan secara nasional dalam proses pengadaan barang dan jasa, ” kata Aris.(Hms/A1)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...