Banten Juara Umum Pospenas 2016

3712 views

Penutupan Pospenas di Serang Banten/ ist


SERANG,BANTENDAY.com- Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren tingkat Nasional (Pospenas) ke-7 tahun 2016 telah berakhir. Provinsi Banten sukses menjadi juara umum even tiga tahunan yang menjadi ajang silaturahim dan perlombaan cabang olahraga dan seni kaum santri pondok pesantren dari seluruh nusantara.


Kepastian Banten sebagai juara umum diketahui usai diumumkan oleh Ketua III Panjatapnas-Pospenas, Drs. H. Sahlan Masduki, M.Si, yang sehari-hari menjabat sebagai Asisten Deputi Koodinasi Pembinaan Umat Beragama, Pendidikan Agama dan Keagamaan, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Piala Bergilir Pospenas diserahkan oleh Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin yang juga menjadi Wakil Ketua Panitia Kerja Tetap Nasional (Panjatapnas) Pospenas kepada Sekda Provinsi Banten Ranta Suharta bersama Kakanwil Kemenag Provinsi Banten Bazari Syam disaksikan Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifudin pada malam penutupan yang dihelat di Plaza Masjid Al-Bantani, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) Kota Serang, Jumat (28/10/2016) malam.  

Dalam kesempatan itu, Menag juga menyalurkan secara simbolis Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk santri pondok pesantren.


Sebagai juara umum, santri pesantren dari Provinsi Banten berhasil meraih 42 Medali, terdiri dari 19 medali emas, 9 perak, dan 14 perunggu. Kontingen Jawa Barat menjadi terbaik kedua dengan total medali yang sama, yaitu 42 medali, dengan komposisi berbeda. Para santri dari pesantren  Provinsi Jawa Barat meraih 13 emas, 18 perak, dan 11 perunggu. Berada pada urutan ketiga, kontingen dari provinsi Jawa Timur dengan 11 medali emas, 11 perak, dan 10 perunggu (32 medali).


Menurut Kamaruddin Amin, Pospenas VII ini diikuti oleh 2.826 santri pondok pesantren, terdiri dari 1.654 (58.5%) santri laki-laki dan 1.172 (41.47%) santri perempuan. Dari jumlah itu, sebanyak 1.905 santri mengikuti cabang olah raga, sedang 921 santri mengikuti pertandingan bidang seni.

“Ada 11 cabang olah raga dan 14 cabang seni yang dipertandingkan pada Pospenas VII ini dan Provinsi Banten berhasil menjadi juara umum,” tegas Kamaruddin disambut tepuk tangan para hadirin.



Menag Lukman Hakim Saifudin mengaku bersyukur perhelatan Pospenas di Provinsi Banten berjalan, termasuk pelaksanaan cabang olah raga dan seni yang diperlomabakan sesuai dengan rencana.

“Mudah-mudahan melalui event Pospenas ini akan lahir para olahragawan dan seniman, budayawan yang baik dikalangan pondok pesantren. Karena santri selain mendalami ilmu-ilmu agama mereka juga terbiasa untuk melatih raganya dan mengasah kepekaan rasa melalui seni-seni. 

Tak lupa Menag juga mengucapkan selamat kepada para santri-santriwati yang berasal dari banten karena seusken menjadi juara umum, serta  apresiasi kepad pemerintah daerah Provinsi banten yang telah memberikan dukungan luar biasa sehingga Banten sukses menjadi tuan rumah yang baik.


“Mudah-mudahan ini semakin memacu santri-santri dibanten dan menjadi dorongan bagi santri lain agar bisa berprestasi sebagaimana rekan-rekannya dari banten ini. Tentu Ini atas bimbingan para guru dan pemerintah daerah bai k di provinsi maupun dari kabupaten kota dibanten ini yang kemudian bisa menghasilkan juara umum. 

Sekda Banten Ranta Suharta mengatakan kebanggaanya karena Banten sukses menjadi tuan rumah dan sukses meraih juara umum apalagi banten baru saja meraih juara umum MTQ tingkat nasional di NTB beberapa waktu lalu.

“Tidak terasa sepakan kita telah lewati pelaksanaan Pospenas di tanah surosowan. Pekan yang mengandung pesan-pesan sportivitas dan kreativitas diantara para peserta, santri nusantara sekaligus terkandung sebuah harapan besar dari kita bahsa santri sudah berkomopetensi hari ini suatu saat nanti menajdi pahlawan bangsa sebagai atlet yang bermental juara dan menajdi seniman yang penuh kreasi dan inovasi,” jelas Sekda.


“Saya ucapkan selamat kepada para pemenang, semoga tidak merasa puas dengan prestasi hari ini , Karen atantangan kedepan akan lebih besar. Tetaplah berlatih dan tetaplah berinovasi. Jangan berhenti untuk terus menegmabngkan diri,” tambah Sekda.(A3)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...