Atlit Lebak Sumbang 12 Medali Emas

423 views

Iti Octavia Jayawaba saat pemberiaan penghargaan bagi para atlit berperstasi, di Pendopo Kabupaten Lebak, Banten, Jumat (18/11/2016).

 

LEBAK, BANTENDAY.com- Sudah menjadi keteguhan kita bersama, bahwa olah raga perlu ditingkatkan kualitasnya karena merupakan sarana pembinaan karakter bangsa, yang tidak terbatas pada segi fisik saja, akan tetapi juga mental. Hal tersebut disampaikan bupati Lebak Iti Octavia Jayawaba saat pemberiaan penghargaan bagi para atlit berperstasi, di Pendopo Kabupaten Lebak, Banten, Jumat (18/11/2016).

Atlit yang menerima bonus dari pemerintah daerah sebanyak 202 orang, terdiri dari 109 orang atlit Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA), 19 Orang atlit Pekan Paralympic Pelajar Daerah (PEPAPERDA) dan 74 atlit Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren tingkat Nasional (POSPENAS).

“Ini merupakan bukti kepedulian pemerintah terhdap peningkatan mutu dan kualitas para atlit agar lebih giat berlatih untuk memberikan yang terbaik bagi kampung halammnya,” ujar bupati.

Bupati juga mengaku bangga terhadap para atlit yang telah mengharumkan nama daerah baik di tingkat provinsi banten maupun ditingkat nasional, mengingat lebak merupakan daerah tertinggal yang tidak bisa memberikan bonus yg besar kepada para atlit tersebut.

“Kami akui memang tidak sebanding dengan apa yang kami berikan, namun saya yakin bahwa para atlit Lebak tidak melihat materi semata tetapi semangat dan komitmenlah yang menjadikan para atlit ini berprestasi” Kata bupati. “Dengan fasilitas yang minim tapi mampu meraih prestasi, itu bukti bahwa atlit Lebak memiliki mental baja,” pungkasnya.

Kepala Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Lebak, Hayat Sahida menjelaskan bahwa agenda ini juga mendukung pada target lebak sehat, karena melalui olehraga juga terutama para atlit bersama-sama dengan pemerintah daerah diharapkan agar mampu memberikan motivasi kepada masyarakat dan menjadi duta olehraga agar dapat melaksanakan hidup sehat dengan berolah raga.

Seperti diketahui bahwa POPDA VIII yang dilaksanakan di Kabupaten Pandeglang pada tanggal 16-21 Mei 2016 lalu, Kabupaten Lebak menempati urutan 4 dengan meraih 21 Emas, 23 Perak dan 30 Perunggu. Sedangkan pada PEPARPEDA V Provinsi Banten yang juga dilaksanakan di Kabupaten Pandeglang  pada tanggal 22-24 Mei 2016, kontingen Lebak berhasil menjadi juara umum dengan meraih 14 Emas emas, 3 Perak dan 4 Perunggu.

Sedangkan pada POSPENAS VII pada 2016  yang diselenggarakan di Kota Serang yang berlangsung pada 22 – 28 Oktober 2016, Provinsi Banten menjadi juara umum, santri pesantren dari Provinsi Banten berhasil meraih 42 medali, terdiri dari 19 medali emas, sembilan perak, dan 14 perunggu. Kontingen Jawa Barat (Jabar) menjadi terbaik kedua dengan total medali yang sama, yaitu 42 medali, dengan komposisi berbeda. Para santri dari pesantren Provinsi Jabar meraih 13 emas, 18 perak, dan 11 perunggu. Berada pada urutan ketiga, kontingen dari provinsi Jawa Timur dengan 11 medali emas, 11 perak, dan 10 perunggu (32 medali).

Dari 19 medali emas yang diperoleh Banten tersebut, menurut Hayat Sahida, 12 medali emas merupakan sumbangan dari allit asal Kabupaten Lebak.( bam/A1)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...