Aspi Gelar Wisata Baduy

802 views

LEBAK,BANTENDAY.com- Himpunan Pramu Wisata Indonesaia (HPI) selaku pemandu wisata yang berkopenten di Indonesia malam ini mendatangi Kabupaten Lebak bersama ratusan wisatawan lokal yang tergabung dalam Asosiasi Pelaku Wisata Indonesia (Aspi) untuk melakukan wisata baduy.
Sebelumnya rombongan yang membawa tema Baduy Travel Mart 2017 ini diboyong ke Pendopo Kantor Bupati Lebak untuk dilakukan penyambutan oleh Bupati Lebak Hj.Iti Octavia Jayabaya.
Kegiatan wisata Baduy Trevel Mart 2017 tersebut di ikuti oleh 150 orang, tergabung dalam Aspi dari 24 Provinsi di Indonesia, diantaranya:Medan, Batam, Lombok, Bengkulu, Jabar, Manado, Jawatimur, Bali, DKI, Semarang, Aceh, Sumatra Utara, Jogjakarta, dan perwakilan dari salah satu wisatawan asal Newjeland. 
“Alhamdulillah malam ini kita kedatangan Asosiasi Pelaku Wisatawa Indonesia, bersama Himpunan Pramu Wisata Indonesaia untuk mengunjungi lokasi wisata baduy, semoga kegiatan Baduy Travel Mart 2017 ini dapat membawa haikmah besar bagi destinasi wisata yang ada di wilayah Kabupaten Lebak,” kata Bupati Lebak Hj.Iti Octavia Jayabaya saat memberikan sambutannya dihadapan ratusan SPI, Jumat (10/11/2017).
Mnurutnya, kearifan lokal yang dimiliki wilayah suku Baduy merupakan Ikon Dunia yang secara hirarki sudah memancanegara, selain suku baduy, lebak juga memiliki puluhan lokasi wisata pantai yang terbentang puluhan lilometer.
“Di Provinsi Banten ini hanya Kabupaten Lebak yang memiliki wilayah lokasi wisata yang unik, dari mulai suku adat baduy yang terkenal dengan tradisi Seba Basuy sebagai simbol silaturohmi masyarakat adat baduy dengan Ibu Gede (Bupati), ada juga wilayah kasepuhan yang terkenal dengan tradisi seren tahun sebagai simbol ucap syukur atas hasil panennya, serta lokasi wisata pantai diantaranya, pasir putih, karang bokor, sawarna, Ciantir, Lawang Saketeng, pemandian air panas dan curug (air terjun), diklebak ini sangat lengkap, semoga dengan datangnya Aspi yang pertama kalinya ini akan membawa dampak lebih baik lagi dalam memajukan destinasti wisata yang ada di Kabupaten Lebak, “pungkasnya.
Sementara itu, dikatakan Ketua HPI Banten, Rudy Indriawan bahwa tujuan datang kelebak, untuk mengangkat pariwisata Banten khusunya lebak dengan wilayah baduynya yang  merupakan termasuk salah satu ikon dunia.
“Kami HPI Banten merasa ikut bangga dan ingin mempromosikan ke dunia tentang lokasi wisata yang ada di Banten khusunya lebak yang memiliki wilayah adat Baduy, ini adalah owner owner pariwisata Indonesia, mereka baru pertama mendatangi lebak, dengan datangnya ini diharapkan semua tau, mudah mudahan mereka dapat ikut mempromosikan semua tempat wisata di lebak,” katanya.
Selain itu, Sahlan salah satu anggota Aspi asal Lombok, sangat merasa penasaran setelah banyak mendengar dari para wisatawan asing yang kerap menyebut-nyebut nama Baduy.
“Jujur saya merasa tertarik dan sangat penasaran, saya ingin tahu seperti apa baduy, dan ingin melihat secara jelas bagai mana kehidupan baduy dalam kesehariannya, saya akan korek pengetahuan itu sebagai oleh-oleh wisata yang saya dapat di Baduy,” papar Sahlan.(A4)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1
Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...