Anies Baswedan : Seluruh Daerah Siap Laksanakan UN

3432 views
image

Ist

bantenday.com, Lebak – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Aneis Baswe
dan mengatakan, seluruh daerah di Indonesia 100 persen sudah siap melaksanakan Ujian Nasional (UN) tahun 2016, baik Ujian Berbasis Komputer (UNBK) mapun Ujian Nasional Pensil Kertas (UNPK) di semua tingkatan. Ia juga memastikan pendistribusian soal UN tidak terkendala apapun, sehinga bisa digunakan sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

“Insyallah, 100 persen seluruh daerah sudah siap melaksanakan UN., termasuk mengenai distribusi soal UN juga tidak terdapat kendala dan saat ini sudah mulai di distribusikan ke daerah-daerah,” kata Anies Bawesdan disela-sela membuka pencanangan program Gerakan Indonesia Membaca (GIM) dan Gerakan Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Marjinal (GP3M) tingkat Nasional tahun 2016 yang dilaksanakan di Aula Kampus La-Tansa Mashiro Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Kamis (31/3/2016).

Untuk mencegah kebocoran soal UN, kata dia, pihaknya melibatkan aparat kepolisian dalam pendistribusian soal UN tersebut. Pihaknya juga akan berupaya  meningkatkan pengawasan agar kecurangan UN diminimalisir dengan menyediakan 770 ribu pengawas yang terdiri dari para guru dan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP).

“Rasio antara peserta dan pengawas itu memang harus 1 banding 10 atau harus ada satu pengawas dalam satu ruang kelas pelaksanaan UNBK. Sementara untuk yang UNPK harus ada dua pengawas dalam satu kelas yang berjumlah 20 orang,” katanya.

Selain itu lanjut dia, pihaknya juga sudah melakukan indeks integritas kejujuran UN bagi sekolah. Indeks tersebut memperlihatkan seberapa jujur sekolah dalam melaksanakan UN. Sebab, berbicara tentang pendidikan bukan hanya bicara komponen akademis, tetapi juga komponen integritas. Indeks integritas ini diharapkan dapat mengirim pesan kepada semua pelaku pendidikan bahwa jika ingin nilai hasil UN siswa berwibawa, maka sekolah harus jujur.

“Indeks integritas sekolah yang sudah dilakukan sebanyak 20 persen indeks integritasnya tinggi. Indeks integritas yang didapatkan dari UN ini tidak bisa mengukur semua aspek integritas, tapi dari indeks integritas ujian ini setidaknya bisa mencerminkan pola kejujuran sekolah ketika melaksanakan ujian,” ujarnya. (hz/a1)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Penulis: 
author

Isi dengan Komentar anda...