Aktivitas Tambang Pasir di Cimarga Diduga Ilegal dan Cemari Sungai Cisimeut

155 views

Aktivitas galian pasir di Kampung Ciomas, Desa Cimarga Kecamatan Cimarga, Lebak.

LEBAK, BANTENDAY.com- Aktivitas penambangan pasir di Kampung Ciomas Desa Cimarga, Kecamatan Cimarga, Lebak diduga ilegal. Selain tidak memiliki dokumen perizinan, keberadaan galian pasir tersebut dikeluhkan warga lantaran limbah pasir membuat sungai Cisimeut keruh dan kotor.

Sementara pemilik lokasi galian pasir, Dukasan mengaku sudah menempuh perizinan galian pasir. Yang jadi persoalan kata dia bukan soal dokumen perizinan, namun yang jadi kendala akses jalan menuju lokasi.

“Sedang ditempuh, ini bukan untuk galian pasir tapi untuk rekreasi, kalau tidak ada izin anda mau apa, disetop ga masalah cuma anda harus tanggungjawab karyawan salah. Ini kan ga ada masalah, orang saya usaha, yang dirugikan siapa,” ucapnya.

Kepala Desa Cimarga Aan, mengakui bahwa pihaknya belum mengetahui perizinan dan aktivitas galian pasir tersebut, sebab pihak pengusaha ataupun pemilik tanah tidak pernah mengurus dokumen perizinan di tingkat desa.

“Izin (galian pasir) Pandeglang tidak cukup lisan, kalau sudah ada mana buktinya, harus ada dari desa, kabupaten atau provinsi. Ya kalau tidak ada izin, ditutup saja,” ungkap Aan, Selasa (12/2).

Sementara Kasi Trantrib Kecamatan Cimarga, Juanda mengatakan hingga saat ini bahwa galian pasir di Kampung Ciomas, Desa Cimarga belum mengajukan rekomendasi, baik izin lingkungan ataupun rekomendasi untuk menempuh perizinan ditingkat Kabupaten atau Provinsi.

“Saya harap pihak perusahaan segera mengurus perizinan,” katanya. (Avit Yanza/AA)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Author: 
author

Comments are closed.