Air Tanah di Serang Kritis, Ini Solusi Tatu

1011 views

image

SERANG, BANTENDAY.com – Air tanah di kabupaten Serang sudah mulai kritis. Betapa tidak, saat ini kabupaten Serang sudah kehilangan air tanah sebesar 40 persen. Bahkan hal ini diperparah dan diprediksi akan semakin kritis, penyebabnya karena hutan yang menjadi tempat resapan, penyimpanan, dan sirkulasi air, sudah mulai hilang.

Kondisi ini membuat Pemkab setempat, harus melakuan terobosan, agar air tanah tidak semakin kritis.

“Perlu ada aturan yang tegas untuk melindungi hutan sebagai resapan. Melalui penerbitan peraturan dan peraturan. Kami sedang berupaya untuk melindungi sumber air kami dengan upaya reboisasi lahan hutan,” kata Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah, Selasa 02 Juni 2016.

Menurut Ratu Tatu, indikator kehilangan air tanah karena berkurangnya ketersediaan di sumber mata air di Citaman dan Sukacai. Terlebih, luas hutan hanya 5 persen dari luas wilayah Kabupaten Serang.

Kini pihaknya mengaku tengah menjalin kerjasama dengan beberapa pihak pengembang perumahan dan perusahaan untuk membuat sumur resapan.

“Saat ini kami sedang melakukan pendekatan dengan developer dan pengembang agar dibangun sumur resapan di perumahan. Mudah-mudahan tahun ini 1000 sumur bisa dibuat. Perlu ada partisipasi semua pihak agar masalah kekurangan air ini bisa diminimalisir,” pungkasnya. ( Dedi Supriyadi/ A1)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Air di Serang Ini Kritis Solusi Tanah Tatu

Penulis: 
author

Isi dengan Komentar anda...